Beranda Inforial Saffron Si Bunga Yang Kaya Manfaat

Saffron Si Bunga Yang Kaya Manfaat

Saffron Si Bunga Yang Kaya Manfaat
Bunga Saffron (ISTIMEWA)

Pelitabanten.com – Crocus sativus L. atau biasa dikenal dengan saffron merupakan rempah-rempah dengan nilai termahal di dunia. Seperti yang diketahui saffron memiliki rasa khas yang pait dan aroma yang khas. Saffron mengandung senyawa bioaktif utama yang bernama picrocrocin, crocin dan safranal. Pirocrocin sebagai rasa khas paitnya, crocin merupakan pewarna karatenoid yang membuat saffron memiliki warna kuning-orange keemasan, safranal sebagai rasa atau aroma khas yang berbeda yang ditimbulkan oleh saffron.

Bunga saffron terdiri dari 6 kelopak bunga, 3 benang sari berwarna kuning dan 3 putik bunga yang mengandung crocin sehingga akan mengeluarkan warna kuning-orange keemasan. Bunga saffron berasal dari negara Yunani, tetapi saffron banyak ditemukan di beberapa negara antara lain: Iran, India, Afganistan, Maroko, Spanyol, Italia, Amerika Serikat, Prancis, Turki serta Belanda. Negara penghasil saffron terbesar adalah di Iran.

Saffron sering digunakan sebagai penambah rasa dan pewarna pada makanan. Selain itu saffron juga banyak digunakan di dunia kesehatan. Berikut contohnya.

1. Sebagai aktioksidan yang kuat

Antioksidan yang terkandung pada tanaman ini memiliki kegunaan untuk melindungi molekul yang melindungi sel dari radikal bebas. Safranal yang terkandung berfungsi untuk melindungi sel-sel otak dari stress oksidatif, membantuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kemampuan belajar. Serta kaemprefol yang terdapat dalam kelopak bunga saffron memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan, sifat anti kanker dan antidepresan.

Baca Juga:  Elnusa Petrofin Bagikan 9.591 Paket Sembako Lebaran di Seluruh Indonesia

2. Memperbaiki suasana hati dan mengobati gejala

Tumbuhan ini dijuluki sebagai bunga sunshine spice yang artinya dapat membantu mencerahkan suasana hati anda. Menurut penelitian mengonsumsi saffron 30 mg setiap hari lebih efektif. Selain itu juga saffron tidak banyak memiliki efek samping daripada dengan pengobatan lainnya.

3. Sebagai antikanker

Karena saffron memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya. Kerusakan radikal bebas tersebut ialah penyakit kronis seperti kanker. Sel kanker usus besar secara selektif terbukti dapat dibunuh dengan tumbuhan saffron. Hal ini juga berlaku untuk kulit, paru-paru, payudara, sumsum tulang, leher rahim serta beberapa sel kanker lainnya.

4. Mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome merupakan gejala fisik, emosional, dan psikologis yang dimulai sebelum terjadinya periode menstruasi pada wanita. Saffron dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stress kortisol hanya dengan mencium saffron selama 20 menit.

Baca Juga:  Pinhome Luncurkan Komunitas Property Academy: Forum Mudah Belajar Properti

5. Sebagai afrodisiak

Afrodisiak merupakan suplemen yang dapat membantu meningkatkan libido. Penelitian menunjukkan saffron memiliki fungsi sebagai afrodisiak. Mengonsumsi saffron secara signifikan dapat membantu meningkatkan ereksi, libido dan kepuasan secara keseluruhan tetapi tidak untuk karakteristik air mani.

6. Sebagai penghilang nafsu makan dan menurunkan berat badan

Dalam studi delapan minggu, wanita yang mengonsumsi suplemen saffron dapat kehilangan berat badannya secara signifikan lebih banyak karena dengan mengonsumsi saffron dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan merasa jauh lebih kenyang dan lebih jarang untuk ngemil.

7. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Sifat antioksidan yang terkandung dalam saffron dapan membantu menurunkan kolesterol darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah dan arteri.

8. Menurunkan kadar gula darah

Hal ini terlihat dalam penelitian tabung reaksi dan tikus dengan diabetes bahwa saffron dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga:  IKEA Seleksi 87.000 Gambar Ceria Jadi Koleksi Boneka SAGOSKATT 2018

9. Meningkatkan penglihatan pada orang dewasa

Manfaat saffron dengan degenerasi makula terkait usia (AMD), dapat meningkatkan pelinghatan pada orang dewasa dan melindungi dari radikal bebas kerusakan.

10. Meningkatkan ingat pada orang dewasa dengan Alzheimer

Karena sifat antioksidan yang terkandung saffron dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat pada orang dewasa pada penderita Alzheimer.

Selain itu, saffron juga memiliki kegunaan untuk wajah seperti berikut ini.

  • Membantu mengobati bekas jerawat
  • Mencerahkan wajah
  • Melembabkan wajah
  • Mengatasi iritasi pada wajah
  • Mengurangi noda atau flek hitam yang terdapat pada wajah
  • Melindungi kulit dari sinar UV
  • Sebagai anti-aging
  • Sebagai base make up dan setting spray

Nah, itulah bebargai macam manfaat saffron yang berasal dari 3 helai putiknya. Kaya sekali kan manfaat putik bunga Crocus sativus L. ini. Semoga bermanfaat ya.

Yowanda WulandariPenulis: Yowanda Wulandari ( )