Nikmat Menyantap Ayam Bakar Khas Lamongan di Tengah Kota

Nikmat Menyantap Ayam Bakar Khas Lamongan di Tengah Kota

Pelitabanten.com – Siapa yang tidak suka dengan ayam? Unggas satu ini memang tidak ada tandingannya, semua orang suka dengan olahan ayam. Sepertinya ayam akan selalu enak diolah apa saja, dengan nasi maupun tanpa nasi ayam selalu nikmat dimakan.

Memang permintaan ayam tidak pernah turun, peminatnya selalu banyak dari kalangan bawah hingga atas semua senang menyantap ayam. Kita dapat menemukan olahan ayam dimanapun dan kapanpun, di pasar tradisional, supermarket, outlet pinggir jalan bahkan jika Anda senang repot, Anda bisa memelihara ayam-ayam yang akan Anda makan tersebut.

Direbus? Diberi kuah? Dipanggang? Diberi saus tambahan? Semuanya nikmat.

Tetapi favorit saya adalah Ayam Bakar.

Selain memiliki lemak lebih rendah (dibanding ayam goreng), ayam bakar memiliki rasa bumbu yang meresap alami karena proses pembakaran, ciri khas rasa karena proses pembakaran itu menjadi favorit banyak orang. Ada yang suka bumbu kecapnya lebih banyak, ada yang suka bumbu kuning asinnya lebih banyak, intinya ayam bakar memang enak.

Jika Anda orang yang memiliki banyak aktifitas, Anda dapat menikmati ayam bakar dengan membeli saja, saya pastikan pasti ada setidaknya satu tempat yang menjual ayam bakar ditempat Anda tinggal.

Nah, ditempat saya tinggal ada satu rumah makan yang menu utamanya adalah ayam bakar, nama rumah makannya adalah Ayam Bakar Kentasari Pak Yuyun Lamongan.

Saya merupakan pecinta ayam, khususnya ayam bakar dan saya dengan bangga mendeklarasikan diri saya sebagai ahli ayam bakar, dan Ayam Bakar Kentasari memiliki rasa yang berbeda dari tempat lain yang pernah saya coba. Bumbunya sungguh meresap dengan pas, dibakar dengan kematangan yang cukup dan sambal tambahan yang juara.

Ayam Bakar Kentasari Pak Yuyun sudah berdiri sejak 1995, diawali dengan berjualan kaki lima dipinggir jalan, rumah makan ini dulunya hanya berjualan ayam goreng saja, namun sejak 2007, rumah makan ini mulai melebarkan sayapnya keproses olahan bakar.

Sejak saat itu, rumah makan ini mendapat kepopularitasannya, banyak pelanggan yang kerap kembali karena bumbu dan sambal yang disediakan. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa ciri khas rasa rempah yang kuat dan level pedas sambalnya yang pas membuat mereka kembali ke rumah makan tersebut.

Tetapi jika Anda tidak begitu menyukai ayam bakar, rumah makan ini juga menyediakan :

  • Ayam Goreng
  • Bebek Goreng/Bakar
  • Lele Goreng/Bakar
  • Ikan Bawal Goreng/Bakar
  • Soto Ayam
  • Cah Kangkung
  • Tongseng Ayam/Kambing/Sapi

Dan masih banyak lagi.

Untuk harga, Anda tidak perlu khawatir rumah makan ini cukup terjangkau, untuk satu ekor ayam bakar di banderol Rp. 55.000/Ekor, namun jika terasa terlalu banyak, Anda dapat memesan setengah ekor atau satu potong saja.

Untuk makan di Ayam Bakar Kentasari Pak Yuyun, perorang kurang lebih Rp. 25.000.

Rumah makan ini terletak di: Jl. Borobudur Raya No.1C, Perumnas II, , 15138

Penulis: Mei Devi Riskianda ( Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan S1 Hospitaliti dan Pariwisata pada tahun 2019)