Mahasiswa KKN UNS Membuat Mural sebagai Sosialisasi untuk Warga Bojong Nangka

Mural sebagai Sosialisasi untuk Warga Bojong Nangka
Mural Melawan Covid-19 oleh Mahasiswa KKN UNS Kelompok 2 Bojong Nangka. Foto: Mahasiswa KKN UNS

Pelitabanten.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdi kepada melalui program KKN. Pandemi Covid-19 menjadikan program pada periode Januari-Februari 2021 ini menggunakan sistem KKN Tematik Integratif sesuai domisili yang dipilih oleh para mahasiswa.

Program tersebut dipilih untuk menghindari penambahan terpaparnya Covid-19, namun tidak membatasi kreativitas mahasiswa untuk melakukan program kerja. Salah satunya adalah program kerja yang diadakan oleh Kelompok 2 pada domisili Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, yaitu pembuatan Mural sebagai bentuk sosialisasi ke warga. Mural dilaksanakan selama 5 Hari pada bulan Februari.

Adanya beberapa keluarga yang terpapar oleh Covid-19 menjadi ketakutan bagi warga. Sosialisasi tentang Covid-19 menjadi solusi dari Mahasiswa KKN UNS bagi warga RT 001 RW 015 Bojong Nangka. Mural yang dilakukan oleh para mahasiswa UNS merupakan salah satu cara untuk sosialisasi Covid-19 dengan aliran seni.

Sebuah gambar mampu mengungkapkan pesan secara tidak langsung dengan bentuk yang indah. Hal tersebut juga mampu di tangkap warga pada berbagai umur, dari anak-anak hingga dewasa. Anak-anak yang belum mampu untuk membaca juga dapat menangkap pesan dengan . Mural tersebut juga dilakukan pada tembok kosong yang dekat dengan tempat wudhu luar Masjid At-Taubah di RT 001 RW 015. Mural tersebut akan mudah dilihat oleh warga yang ingin beribadah di masjid maupun warga yang sedang berlalu-lalang.

“Karya seni seperti Mural akan mampu mengingatkan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan hanya dalam melihat mural tersebut.” ujar Ketua Kelompok 2 KKN UNS Bojong Nangka.

Mural dengan judul Melawan Covid-19 yang dibuat oleh Mahasiswa KKN UNS Kelompok 2 diharapkan akan mengingati untuk tetap melakukan 5 M untuk menjauhkan dari terpaparnya Covid-19, yaitu menjauhi kerumunan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

Penulis: Suci Fitriani (Mahasiswi Universitas Sebelas Maret)