Beranda Peristiwa Kota Tangerang Sembuhkan Pasien Covid-19, 410 Kantong Plasma Konvalesen Disalurkan PMI ke RS

Sembuhkan Pasien Covid-19, 410 Kantong Plasma Konvalesen Disalurkan PMI ke RS

Donor Plasma Konvalesen Melalui PMI Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com mengklaim sudah menyalurkan sebanyak 410 kantong ke sejumlah Rumah Sakit (RS) yang menangani pasien .

Plasma darah konvalesen itu berasal dari 176 penyitas yang sudah melakukan untuk membantu penyembuhan pasien yang positif Covid-19 dalam perawatan.

“Hingga tanggal 8 Februari 2021, sudah 410 kantong plasma konvalesen yang kami salurkan kepada rumah sakit untuk membantu proses penyembuhan pasien positif,” kata Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah usai peluncuran program donor plasma Konvalesen di Kantor Unit Pelayanan Laboratorium UDD PMI Kota Tangerang, Senin (8/2/2021).

Oman memaparkan, kebutuhan darah plasma konvalesen dari penyitas Covid-19 saat ini masih banyak.

PMI Kota Tangerang yang mendapatkan izin untuk menyelenggarakan donor plasma konvalesen terus mengajak pasien yang sudah sembuh agar bisa berkontribusi.

Sebab, lanjut Oman plasma konvalesen sangat efektif dalam membantu proses penyembuhan pasein positif Covid-19 yang kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Kartu F PRB-API Bisa Untuk Belanja dan Bayar E-Toll

“Plasma ini sangat efektif maka itu kita bersama – sama mengatasi pandemi dengan memberikan sesuatu yang bisa kita lakukan,” ujar Oman.

PMI Kota Tangerang akan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan plasma tersebut salah satunya adalah dengan melakukan jemput bola.

Kata Oman, bila ada penyitas yang ingin melakukan donor plasma konvalesen. Tim dari Unit Pelayanan Laboratorium UDD PMI Kota Tangerang siap mengambil sampel sebelum dilakukan donor plasma konvalesen oleh pendonor.

“UDD PMI Kota Tangerang siap mengambil sampel kelokasi pendonor, Ini misi kemanusiaan untuk membantu dalam mengatasi ,” katanya menegaskan.

Sebagai informasi, hingga hari ini Senin, tanggal 8 Februari 2021 untuk daftar antrian permintaan plasma konvalesen sebanyak 101 kantong dengan rincian 43 kantong golongan A, 28 kantong golongan B, 23 kantong golongan O dan tujuh kantong golongan AB.

Baca Juga:  Gerakan Good Karma untuk Membantu 100 Masjid di Jakarta dan Tangerang

Sementara untuk stok yang dimiliki PMI Kota Tangerang saat ini adalah 40 kantong dengan rincian 15 kantong golongan A, 10 kantong golongan B, 11 kantong golongan O dan empat kantong golongan AB.

Kemudian yang sudah terlayani ada 92 kantong golongan A, 106 kantong golongan B, 193 kantong golongan O, 19 kantong golongan AB. Kemudian yang tertolak tak bisa mengikuti donor plasma konvalesen ada 216 orang dengan berbagai faktor kendala.