Beranda Pendidikan Kampus Mengenang Honda Jazz, Tutup Usia Tahun ini

Mengenang Honda Jazz, Tutup Usia Tahun ini

Honda Jazz. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

Pelitabanten.com  Honda Jazz ? siapa yang tidak tau mobil hatchback keluaran pabrikan Jepang. Di Indonesia sendiri keberadaan Honda Jazz telah ada semenjak kelahiran Gen Z.

Seperti halnya seorang Gen Z, mobil ini mengalami banyak fase-fase pendewasaan setiap beberapa tahun.

Setiap pendewasaan, selalu ada karakternya sendiri yang membuat Honda Jazz lebih unik dari mobil-mobil lain, seperti layaknya seorang individu yang sedang tumbuh dewasa selalu ingin berbeda dengan individu lain.

Berikut ini adalah rincian pendewasaan dari Honda Jazz:

1. Jazz GD

Setiap individu selalu mengawali suatu kehidupan dari balita, bagi Honda Jazz, inilah versi balitanya karna seri inilah yang mengawali kelahiran Honda Jazz.

Layaknya seorang balita yang mengemaskan karna kepolosannya, Jazz seri GD ini memiliki kepolosan dibanding seri-seri pendewasaan berikutnya yang merupakan menjadi tariknya seri ini sendiri, model yang terlihat mengemaskan namun gagah, mobil ini menemani Gen Z dari tahun 2001 hingga 2007, seperti balita yang seiring bertambah umur yang kepolosannya berganti dengan kegagahan, Jazz seri GD ini memiliki pembaruan sebanyak 4 kali yang membuatnya lebih gagah seiring pembaruannya.

Baca Juga:  Program SEC UPH Berhasil Tanam 3000 Bibit Bakau

2. Jazz GE

Setelah masa balita dilewati, setiap individu akan memasuki masa berikutnya yaitu masa anak-anak, pada masa anak-anak banyak yang tidak berubah dari masa balita, anak-anak tetap memiliki unsur mengemaskannya sendiri yang tidak jauh beda dari balita, namun perbedaan dari seorang balita dan anak-anak adalah seorang anak lebih besar dan cerdas dibanding balita.

Hal ini dapat mendeskripsikan perbedaan antara Jazz seri GD dan seri GE, model mobil ini tetap memiliki gaya yang mengemaskan yang tidak terlalu jauh dari seri sebelumnya, namun seperti layaknya bertambah kecerdasan pada anak-anak dari masa balitanya, mobil ini memiliki jauh lebih banyak fitur dibanding seri sebelumnya dan memiliki ukuran yang lebih besar yang berselisih 70 lebih Panjang dari model sebelumnya. Mobil ini menemani Gen Z dari 2007 hingga 2013.

3. Jazz GK

Jazz GK merupakan pendewasaan Honda Jazz terakhir, seperti individu yang sudah melewati masa anak-anak, masa pendewasaan berikutnya adalah masa remaja.

Baca Juga:  Sosialisasikan SMLYAC 2017, Sinar Mas Land Roadshow Ke Sejumlah Kampus di Indonesia

Layaknya remaja yang lebih gagah dan lebih terlihat ‘caper’ dibanding masa-masa sebelumnya, mobil ini sangat terlihat berbeda dari seri-seri sebelumnya, penampilannya jauh lebih gagah dan terlihat lebih ‘nakal’ dari seri-seri sebelumnya. Jazz ini menemani Gen Z dari 2013 hingga sekarang.

Pada awal tahun 2020 , Honda mengeluarkan pengumuman bahwa mereka akan memberhentikan produksi Jazz pada pasar Asia Tenggara mulai tahun 2021 dan akan digantikan oleh City Hatchback.

Honda Jazz akan menutup usia tahun ini dan saat itu terjadi Gen Z akan kehilangan lebih dari sebuah mobil, Honda Jazz bukan lah seorang yang terkenal atau hebat, tidak pernah memenangi ajang balap international maupun memenangi penghargaan, Honda Jazz hanyalah sebuah teman dekat, teman yang menemani dari kepolosan balita hingga kenakalan remaja, dan inilah hal yang paling menyentuh, ketika seorang yang terkenal atau hebat seperti Cristiano Ronaldo lebih awal akan sangat menyedihkan, tetapi ketika teman dekat kita sendiri yang tutup usia lebih awal akan membuat isi hati kita benar-benar hancur.

Baca Juga:  Pembangunan Indonesia Berbasis Pancasila

Selamat tinggal Honda Jazz, sampai bertemu lagi kawan lama.

Penulis : Omaraldo Zoltan Alshaquille-2301908186-LF51, Mahasiswa Bina Nusantara Alam Sutra, Tangerang, Banten. Semester 3 Program Study Marketing Communication