Pelaku Ganjal ATM Diringkus Warga di Cipondoh, Biasa Beroperasi di Tangerang

Satu dari Dua Pelaku yang Berhasil Ditangkap, Langsung Diamankan Petugas Kepolisian Sektor Cipondoh, Polres Metro Tangerang Kota. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Video Viral penangkapan pelaku pengganjal ATM ditangkap di wilayah Poris Indah, Cipondoh Kota Tangerang. Selasa (19/1/2021) sore.

Setelah diamankan satu dari dua pelaku, kepolisian sektor Cipondoh mengungkap bahwa pelaku merupakan sindikat pengganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang biasa beroperasi di Kota Tangerang dan sekitarnya.

“Pelaku merupakan sindikat dan memang dicari polisi,” Kata Kapolsek Cipondoh, AKP Maulana Mukarom saat ditemui Pelitabanten.com Rabu, (20/1/2021).

Maulana mengatakan saat ini sedang dilakukan pengembangan untuk menangkap jaringannya termasuk satu orang pelaku yang sudah diketahui identitasnya, lantaran berhasil kabur dari sergapan warga.

“Identitasnya sudah diketahui, doakan saja kami akan ungkap jaringannya,” ujarnya.

Saat ini Kapolsek bersama timnya sedang mengumpulkan bukti, termasuk meminta keterangan dari beberapa pihak Bank yang menjadi korban kejahatan pelaku. Dari pengakuan pelaku yang berhasil diamankan, mereka (pelaku) biasa beroperasi di wilayah Tangerang Raya.

Baca Juga:  Polsek Cipondoh Gelar Apel 3 Pilar Jelang Malam Tahun Baru 2020

“Pihak bank tentunya yang dirugikan, berdasarkan pengakuan pelaku sudah banyak uang didapat dari hasil kejahatannya tersebut,” ungkapnya.

Ia berharap pihak bank dan masyarakat yang dirugikan dan menjadi korban kejahatan tersebut dapat segera melapor ke Polsek Cipondoh, Polres Metro Tangerang Kota.

“Laporan masyarakat dan pihak bank sedang kami kumpulkan, untuk segera mengungkap sindikat ini,” ujarnya.

Diketahui, dari video yang beredar pelaku diamankan warga yang mengetahui modus pelaku menguras uang di mesin ATM dengan cara mengganjal lobang kartu ATM dan saat digeledah ditemukan banyak kartu ATM dari dalam dompet pelaku termasuk barang bukti alat pengganjal.

“Sudah berapa kali kau melakukan, berapa juta kau dapat,” tanya warga dalam video yang beredar.

Pelaku menjawab sudah dua kali, sambil menerima bogem mentah dari warga yang gemas dengan ulah pelaku.

“Dua kali, sudah dua juta,” jawab pelaku.

Baca Juga:  Terungkap, Cucu Bunuh Neneknya di Cipondoh

Beruntung anggota kepolisian sektor Cipondoh yang saat itu sedang berpatroli segera mengamankan pelaku hingga tidak terjadi main hakim sendiri oleh warga.

Kini pelaku diamankan di Mapolsek Cipondoh, guna dilakukan pengembangan mengungkap jaringan pelaku lainnya.