Webinar, Begini Tantangan & Strategi Perumdam TKR Dalam Meningkatkan Kinerja Dimasa Pandemi

Webinar, Tantangan & Strategi Perumdam TKR Dalam Meningkatkan Kinerja Dimasa Pandemi Covid-19 dan Tahun 2021. Foto Pelitabanten.com

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Tangerang khususnya para pelanggan setianya.

Dimasa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) dan tantangan tahun 2021 mendatang perusahaan air bersih milik pemerintah kabupaten Tangerang ini memiliki target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 60 persen di 2023. dan realisasi di 2020 saat ini sudah mencapai 32 persen.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Satuan Sekretariat Perumdam TKR Supendi, beserta Kepala Sub bidang Komunikasi dan Eksternal Mat Yunis Subhan, dan Kepala Bidang Humas Ahmad Rizal dalam Webinar (Web Seminar) bersama awak media melalui Zoom Meeting. Rabu, (30/12/2020).

Baca Juga:  Airin Resmikan Kampung Mantap Betul

Supendi mengatakan pihaknya memiliki cakupan berdasarkan hasil evaluasi realisasi bussines plan sebelumnya. Dan di tahun 2021 mendatang diperlukan adanya upaya strategi dan upaya perbaikan yang menjadi prioritas utama.

“Cakupan ini meliputi pelayanan dan kapasitas produksi air minum, penurunan tingkat kehilangan air atau NWR, peningkatan tekanan dan kontinuitas aliran air, kehandalan sistem, penurunan konsumsi energi dan pengendalian pencemaran,” kata Dia.

Selanjutnya supendi menuturkan, Saat Ini Perumdam TKR dimasa pandemi Covid-19 juga sudah membuat aplikasi SIMPEL yaitu Sistem Informasi Kepelangganan, guna memudahkan pelanggan membaca meter secara mandiri, sehingga masyarakat tetap dapat menjalankan intruksi pemerintah dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Kemudian, TKR juga sudah melakukan Penutupan loket pembayaran dan menggantinya melalui bank, minimarket, Fasilitas Mobil Payment keliling ke lokasi pelanggan dan Otomotisasi Instalasi Pengolahan Air dan optimasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Instruksi Presiden, TNI-Polri Akan Mulai Disiplinkan Penggunaan Masker Anggota dan Masyarakat

Lanjut Dia, Penerapan Sistem Manajemen Mutu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) juga dilakukan, ada juga dalam kondisi tertentu diberikan kemudahan bagi pelanggan baru dengan sistem pembayaran sambungan pelanggan secara cicilan.

“Layanan informasi dan komunikasi kami juga dapat disampaikan melalui Contact Center, Media Sosial dan Media Massa” ujarnya.

“Serta kita juga melalukan peningkatan capacity building pegawai dan program kemasyarakatan yaitu Program CSR/TSLP, dan bantuan sosial ” tambahnya.

Sementara untuk pencapaian target penambahan pelanggan hingga tahun 2024 nanti, pelayanannya Kata Supendi akan dilakukan berdasarkan berapa Zona wilayah yang ada di seluruh Kabupaten Tangerang.