Beranda Opini 5 Solusi Terbaik Untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan Setelah Pandemi

5 Solusi Terbaik Untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan Setelah Pandemi

Produktivitas Karyawan Setelah Pandemi
Ilustrasi (Gerd Altmann/Pixabay)

Pelitabanten.com – Tidak terasa kita sudah di penghujung akhir tahun. Kita semua berharap ini dapat segera berakhir. Pandemi Covid-19 memaksa kita semua untuk bekerja di rumah, agar tidak ikut tertular penyakit berbahaya tersebut. Mulai dari awal Maret kemarin, para pekerja dibagi per shift, ada yang kerja di rumah (WFH) dan ada juga yang di kantor (WFO).

Namun sampai di akhir tahun ini, kita tidak bisa memastikan apakah tahun depan keadaan bisa kembali normal atau tidak. Tapi bila keadaan berangsur membaik, maka perusahaan perlu mempersiapkan strategi untuk mengembalikan produktivitas karyawan setelah masa pandemi usai. Berikut ini 5 Solusi terbaiknya:

1. Pantau Produktivitas Kerja Karyawan

Produktivitas karyawan merupakan hal yang penting dalam penilaian kontribusi karyawan terhadap perusahaan. Pada masa pandemi, umumnya produktivitas karyawan mengalami penurunan. Namun setelah pandemi ini berakhir dan karyawan
mulai bekerja kembali seperti biasanya, perusahaan bisa melakukan pemantauan secara dengan melakukan pengukuran kinerja karyawan.

Baca Juga:  Wali Santri yang Bermental Santri

Umumnya pengukuran produktivitas kinerja karyawan dinilai dari kehadiran karyawan setiap harinya dan hasil kerja yang didapat. Hal ini, bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kembali produktivitas karyawan di perusahaan setelah pandemi. Selain itu perlu juga untuk memantau deadline pekerjaan setiap karyawan, seperti yang kita ketahui pada saat WFH tentu Anda juga harus dapat mengontrol pekerjaan karyawan Anda meskipun dari jarak jauh, hal ini supaya pekerjaan tetap dapat tepat waktu walau dalam situasi pandemi.

2. Melakukan Dan Evaluasi

Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja karyawan bisa dilakukan oleh atasan secara langsung dan kontrol dari pihak manajemen. Strategi ini penting untuk dilakukan supaya pekerjaan karyawan bisa dipantau dengan lebih baik. Dengan cara ini, kesalahan yang dilakukan karyawan yang melenceng dari tujuan perusahaan dapat diperbaiki dengan segera.

3. Mendengarkan Suara Karyawan Anda

Tahukah Anda bahwa hanya dengan mendengarkan keluhan karyawan bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja mereka? Sebagai atasan, cobalah untuk mendengarkan keluh kesah mereka. Cari apa saja kesulitan mereka saat
melakukan pekerjaan dan adakah hambatan yang ditemui untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca Juga:  DPP HIPMA MPH; Pemerintah Perlu Maksimalkan Penyerapan Beras Dari Petani

Selain itu Anda juga perlu mengetahui apakah karyawan Anda mengalami konflik dengan pihak internal perusahaan. Tak hanya itu saja, untuk memajukan perusahaan, cobalah dengarkan ide-ide karyawan Anda untuk kelangsungan perusahaan Anda. Mendengarkan Karyawan untuk meningkatkan produktivitas sangatlah penting, hal ini tentu dapat membantu Anda untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Dengan mendengarkan mereka tentu Anda akan paham apa yang ada di pikiran karyawan Anda sehingga perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan lancar setelah pandemi ini.

4. Memberikan Program Pelatihan Kepada Karyawan (Training)

Setelah pandemi berakhir, ada kemungkinan perusahaan akan merekrut karyawan baru untuk bekerja di perusahaan. Training atau pelatihan memiliki pengaruh besar pada kinerja karyawan. Namun training ini tidak hanya untuk karyawan baru saja untuk karyawan lama juga perlu di-training. Hal ini perlu dilakukan agar setiap karyawan dapat bekerja lebih baik dan profesional. Optimalkan pelatihan karyawan Anda dengan Software Training Terbaik dan tingkatkan kualitas kinerja karyawan Anda secara signifikan. Tinggalkan pelatihan manual yang kurang efektif dan beralih ke sistem pelatihan karyawan yang berjalan secara otomatis.

Baca Juga:  BERITA DI ATAS DERITA NELAYAN

5. Memberikan Motivasi Untuk Karyawan Dengan Reward

Memberikan motivasi kepada karyawan dalam bentuk reward merupakan langkah yang tepat. Dengan adanya motivasi, karyawan akan lebih semangat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Salah satu bentuk motivasi adalah dengan
memberikan reward. Reward merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan setelah pandemi.

Setelah pandemi berakhir nanti, langkah-langkah di atas bisa Anda coba untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda saat bekerja. Marilah kita berdoa supaya pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Calista RohoPenulis: Callista Roho (, Freelancer Writer) Public Relations di HashMicro Solusi Indonesia.