Beranda Peristiwa Nasional Jelang Nataru, Begini Antrean Panjang Rapid Test Antigen di Bandara Soetta

Jelang Nataru, Begini Antrean Panjang Rapid Test Antigen di Bandara Soetta

Jelang Nataru, Begini Antrean Panjang Rapid Test Antigen di Bandara Soetta
Antrian Penumpang Yang Akan Melakukan Rapid Test Antigen Mengular Panjang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. Foto Pelitabanten.com

TANGERANG, Pelitabanten.com  Jelang libur 2020 dan (), Nampak antrean antigen di Bandara Soekarno-Hatta terlihat mengular panjang.

Berdasarkan pantauan, sejumlah lokasi rapid test antigen di Terminal 3 dan shalter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sudah dipenuhi dengan warga yang ingin dilakukan tes Covid-19.

Sebagai informasi, PT Angkasa Pura II menyediakan beberapa alternatif tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta seperti Rapid Test.

Diantaranya test, rapid test antigen atau rapid test antibody yang disediakan untuk menyambut libur 2021.

Tes Covid-19 tersebut tersebar dienam titik di Bandara Soekarno-Hatta, yakni di Airport Health Center Terminal 2 di Shelter Skytrain, Airport Health Center Terminal 3 di SMMILE Center, Airport Health Center Terminal 3 di area lounge umroh, Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 3 Domestik, Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 1B, Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 2D.

Terbaru, mulai hari ini Senin, 21 Desember 2020 calon penumpang pesawat memiliki tiga alternatif mendapatkan layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga:  Dispora Kota Tangerang Beri Pelatihan Keterampilan Bagi Pemuda

Baik itu untuk PCR test, rapid test antigen, atau rapid test antibody.

Alternatif pertama, calon penumpang pesawat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memilih jadwal tes di Airport Health Center Terminal 2 atau Terminal 3.

Pre-order dapat dilakukan melalui aplikasi Travelation https://travelation.angkasapura2.co.id) milik PT Angkasa Pura II.

Aplikasi Travelation ini juga terkoneksi dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport).

Alternatif keedua, calon penumpang pesawat dapat melakukan tes PCR atau rapid test antigen di dalam kendaraan secara drive thru di tiga lokasi.

Lokasi pertama sudah eksisting saat ini yaitu drive thru test di lapangan parkir area Terminal 3 domestik, lalu mulai 21 Desember 2020 akan ada lokasi kedua di Terminal 1B, dan lokasi ketiga di area parkir Terminal 2D.

Alternatif ketiga, calon penumpang pesawat dapat langsung menuju Airport Health Center Terminal 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk melakukan tes seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, tersedianya tiga alternatif ini bertujuan untuk memberikan pilihan bagi calon penumpang pesawat agar dapat merencanakan tes Covid-19 lebih baik.

Baca Juga:  Terpilih Kedua Kalinya Jadi Dewan, Rispanel Arya Gelar Tasyakuran

Juga untuk memecah penumpukan calon penumpang sehingga tes tidak dilakukan secara bersamaan di satu titik.

“Jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 mengalami tren kenaikan dalam beberapa hari terakhir,” ujar Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (20/12/2020).

“Karena itu kami mengembangkan layanan dengan menyediakan tiga alternatif dalam proses layanan test Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta,” tambah dia.

Melalui konsep pre-order, kata Awaluddin, calon penumpang pesawat dapat melakukan reservasi terlebih dahulu dari mana saja, tidak harus ke bandara dulu.

Jadi, calon penumpang dapat menyesuaikan waktu datang ke bandara sesuai dengan jadwal tes yang telah ditetapkan.

Drive thru test juga tersedia, sehingga Bandara Soekarno-Hatta memiliiki lebih banyak alternatif lokasi tes Covid-19. Dengan demikian, konsentrasi area layanan akan terbagi antara drive thru test area dan walk in test area,” ujar Awaluddin.

Di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Husein Sastranegara, tarif PCR test menjadi Rp 800 ribu untuk hasil 24 jam setelah pemeriksaan.

Baca Juga:  Sekjen Posraya Indonesia : Pada Haul Bung Karno Ke 46 Dan HUT Presiden Jokowi Ke 55 Kita Harus Mampu Bersaing Dengan Bangsa-Bangsa Lain

Diketahui, tarif sebelumnya mencapai Rp 885 ribu.

Sementara itu untuk tarif rapid test antigen menjadi Rp 200 ribu untuk hasil 15 menit setelah pemeriksaan, dari tarif sebelumnya Rp 385 ribu.

Lalu itu untuk rapid test antibodi tetap Rp 85 ribu.

“Kami bersama mitra operator Airport Health Center yakni Farmalab melakukan pembahasan untuk memastikan berbagai hal termasuk terkait suplai alat pengetesan sehingga tarif dapat lebih rendah,” jelas Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II memastikan tarif pengetesan Covid-19 yang lebih rendah ini juga dipastikan tetap berlaku pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Meski, diperkirakan penerbangan akan lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Adapun pada periode monitoring angkutan Nataru 2020/2021 yakni 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, jumlah permohonan penerbangan tambahan (extra flight) yang diajukan maskapai sudah mencapai 1.066 extra flight dengan penambahan kursi penerbangan sekitar 133 ribu kursi.