3 Manfaat Software Purchasing Untuk Meminimalisir Potensi Dark Purchasing

3 Manfaat Software Purchasing Untuk Meminimalisir Potensi Dark Purchasing
Ilustrasi (Gerd Altmann/Pixabay)

Pelitabanten.com – Pekerjaan yang dilakukan secara manual, kerap menimbulkan kesalahan yang merugikan perusahaan. Salah satunya adalah pembelian barang/jasa secara manual. Pembelian secara manual dapat meningkatkan resiko terjadinya dark purchasing. Dark purchasing merupakan proses pengadaan barang atau jasa yang terjadi diluar proses procurement resmi perusahaan. Maka dari itu keadaan ini mengakibatkan proses transaksi pembelian tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dimana Anda tidak dapat mengontrol pengeluaran perusahaan Anda sendiri.

Mengapa Dark Purchasing Dapat Terjadi

Dark purchasing yang terjadi pada perusahaan disebabkan oleh manajemen
yang tidak terpusat. Kurang jelasnya pengelolaan anggaran membuat perusahaan rentan terhadap dark purchasing. Selain itu, dark purchasing juga bisa disebabkan oleh proses pengadaan manual dan rumit, dengan proses yang rumit maka karyawan akan mengalami kebingungan pada proses procurement perusahaan sehingga ketidakpahaman tersebut dapat mengakibatkan proses pembelian yang tidak sesuai dengan sistem perusahaan.

Baca Juga:  Wahidin Halim Ingatkan Bupati dan Wali Kota Awasi Izin Industri Secara Berkala

Dampak yang ditimbulkan dari dark purchase adalah pengeluaran yang tidak terlacak. Anda akan sulit melacak berapa banyak pengeluaran perusahaan di setiap pembelian barang/jasa. Hal ini dapat mengakibatkan pemborosan keuangan perusahaan dan perusahaan akan rentan terhadap korupsi. Hal ini terjadi karena adanya oknum karyawan yang dengan sengaja melakukan pembelian tak resmi. Tidak adanya data yang akurat membuat oknum karyawan tersebut melakukan kecurangan. Jika beberapa hal yang kami sebutkan di atas terjadi di perusahaan, maka Anda harus
segera mengambil keputusan untuk mengatasi dark purchasing.

Lawan Dark Purchasing

Solusi terbaik untuk mengatasi dark purchasing yaitu menggunakan software purchasing berbasis cloud. Sistem ini dapat mengotomatiskan seluruh proses pengeluaran yang terjadi pada perusahaan. Dengan menggunakan software ini, perusahaan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengelola proses pembelian yang terjadi, serta mencegah pihak-pihak yang berpotensi melakukan kecurangan pada proses transaksi.

Baca Juga:  Home for Holiday Inspirations, Beragam Pilihan Produk Perayaan Natal dan Liburan Akhir Tahun di ACE

Keunggulan software purchasing berbasis cloud adalah adanya satu sistem untuk mengatur proses transaksi perusahaan sehingga dapat mempersingkat proses pengadaan barang, meningkatkan visibilitas dan setiap transaksi
pembelian barang/jasa, serta meningkatkan kontrol dan keamanan perusahaan.

Pilihlah Platform Yang Tepat

Pemilihan platform yang tepat, tentu dapat membuat Anda lebih mengatasi dark purchasing. Salah satu platform software procurement terbaik saat ini adalah HashMicro. Software ini mampu mengontrol biaya procurement menjadi lebih seperti mengelola pengajuan pembelian dari setiap cabang dengan hanya menggunakan satu sistem.

Salah satu fitur menarik yakni Landed Cost Calculation, Anda dapat mengetahui biaya total dari pembelian produk Anda, termasuk pajak, biaya kirim, asuransi, konversi mata uang, dan lainnya. Selain itu juga terdapat fitur Purchase Request Approval Management hal ini dapat memudahkan pebisnis untuk menyetujui atau menolak pengajuan pembelian barang/jasa dari berbagai lokasi bisnis, departemen, atau karyawan hanya dengan satu klik.

Baca Juga:  Iti Octavia Cetuskan Kampung Batik Khas Warga Lebak

Software purchasing berbasis cloud dapat diintegrasikan dengan berbagai software lainnya. Maka dari itu pebisnis dapat dengan mengawasi seluruh proses transaksi hanya dari satu layar monitor. Keunggulan software purchasing ini dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dengan harga yang cukup terjangkau.

Oleh karena itu merupakan platform yang tepat untuk bisnis Anda agar terhindar dari dark purchase. Dengan menggunakan sistem ini akan memudahkan Anda untuk memantau proses transaksi pembelian yang terjadi di perusahaan.