Beranda Lifestyle Telkomsel Optimalkan Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

Telkomsel Optimalkan Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

Telkomsel Optimalkan Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

, Pelitabanten.com – memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen dibandingkan dengan hari biasa 2020 pada 2020 dan Tahun Baru 2021.

Untuk itu, Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, upaya penguatan, penambahan, dan akses jaringan yang telah dilakukan secara rutin menjadi langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya akan akses layanan broadband, terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru.

“Kami pun memastikan bahwa penguatan dan pengamanan akses jaringan akan menjangkau seluruh titik prioritas agar seluruh pelanggan dapat terus menikmati layanan broadband terdepan, terluas, dan merata dengan nyaman dan lancar di setiap aktivitas digitalnya di momen akhir tahun dan pergantian tahun baru,” kata Hendri dalam konferensi pers , Senin (14/12).

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3 persen.

Baca Juga:  Lirik Lagu Treat You Better - Shawn Mendes dan Terjemahannya

Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini. Yakni terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32 persen, layanan communications (seperti instant messaging dan ) melonjak 22,52 persen, layanan streaming video naik 12,47 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65 persen, akses browsing naik 14,21 persen, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17 persem.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8 persen.

Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76 persen dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1 persen.

Baca Juga:  MAXstream Rilis Serial Horor Terbaru "Dibalik Lubang Kunci"

Berdasarkan prediksi trafik tersebut, Telkomsel menyiagakan lebih dari 39 ribu BTS telah untuk menunjang kelancaran komunikasi pelanggan di wilayah Jabotabek, Jabar dan , termasuk 6800 BTS baru yang digelar dari mulai awal tahun 2020.

Menurut Hendri, di situasi pandemi seperti saat ini Telkomsel juga memfokuskan optimalisasi jaringan di berbagai area Residensial (), RS Penanganan Covid, dan jalur atau titik distribusi penanganan covid.

Telkomsel telah memprediksi akan ada peningkatan payload di malam Natal hingga lebih dari 2 persen. Sementara itu, kenaikan payload pada saat malam pergantian tahun baru 2020 – 2021 diprediksi naik sebanyak 6 perlu sen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Sebelumnya Telkomsel juga telah menggelar pengecekan jaringan (Drive Test) guna memastikan kelancaran jaringan diberbagai jalur wisata seperti Pangandaran, Lembang dan juga jalur Tol Cipali, Cipularang, Jagorawi – Puncak dan – Bandung.

Baca Juga:  Lirik Lagu Biarkan Ku Menggapaimu Anima (Bintang)

“Sementara itu di sisi , Telkomsel juga telah menyiagakan 28 GraPARI Siaga, 17 Mobile GraPARI, 46 Telkomsel Authorized Partner (TAP) Siaga dan lebih dari 950 Outlet Siaga yang siap melayani kebutuhan produk dan layanan pelanggan di wilayah Jabotabek, Banten dan Jabar,” ujarnya.