Beranda Pendidikan Ada Apa dengan Pesantren Modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang

Ada Apa dengan Pesantren Modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang

2175
BAGIKAN
Ada Apa dengan Pesantren Modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang
KH Hendri Kusuma Wahyudi, Lc, Pimpinan Pondok Pesantren bersama santri al Bayyinah, Cisoka, Kabupaten Tangerang

Pelitabanten.com – Di kalangan akademisi, istilah pesantren atau pondok sudah tidak asing lagi bagi mereka. Sebagian besar masyarakat pun sudah terbiasa dengan istilah tersebut. Awal kali bila melihat dari sejarah, istilah pesantren atau pondok, sebagian besar masayarakat hanya menilai bahwa pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan non formal yang dibuat dan diselenggarakan hanya untuk memenuhi kebutuhan ukhrawi masyarakatnya saja. Bahkan sebuah pesantren tidak disebut ‘pesantren’ bila terbuat dari selain bambu yang berbentuk panggung. Dulu mungkin ya, tapi seiring dengan zaman, hal itu mengalami banyak perubahan.

Adalah pesantren Modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang yang menunjukkan bahwa pesantren atau pondok tidak dibedakan menurut fisik bangunan. Bahkan semakin berkembang sesuai tuntutan zaman, bahwa pesantren atau pondok pun saat ini sudah menggunakan bahan-bahan matrial permanen seperti halnya lembaga-lembaga sekolah. Lebih dari itu, pesantren atau pondok sudah banyak mengalami perubahan materi dan system di dalam kegiatan belajar mengajarnya. Di mana sebagian besar pesantren atau pondok saat ini, sudah memadukan antara materi pesantren dan sekolah. Sehingga banyak pesantren yang sudah menyelenggarakan pendidikan formalnya berupa sekolah didalam pesantren itu sendiri. Hal ini diantaranya yang digagas oleh pondok pesantren modern Al Bayyinah cisoka Tangerang. Jenis lembaga pendidikan seperti ini untuk pesantren lebih dikenal dengan sebutan pesantren atau pondok Modern.

Tanpa dipungkiri, bahwa adanya istilah pesantren modern disebabkan adanya tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat bagi para santrinya kelak dikemudian hari. Di mana para santri selain belajar materi kepesantrenan, juga mereka dibekali dengan materi sekolah sebagai wujud memberikan wawasan keilmuan disegala bidang yang kelak dapat dijadikan pedoman bagi kelangsungan hidup mereka ditengah-tengah masyarakat. Bahkan pengetahuan yang komplek dan universal itu dapat dijadikan sebagai ilmu yang bermanfaat untuk mansyarakat.

Baca juga :  Dua Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sawarna

Untuk itulah, pesantren modern Al Bayyinah menjadi salah satu pesantren yang menitikberatkan pembangunan santrinya pada beberapa bidang utama, diantaranya adalah;

  1. Memberikan landasan utama bagi para santri dengan akhlaqul karimah.
  2. Penguasaan hapalan para santri dengan program one year one juz.
  3. Penguasaan bahasa asing; bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Memiliki Akhlaqul karimah merupakan keharusan bagi para santri. Karena akhlaq merupakan tujuan utama di dalam proses pembelajaran para santri. Untuk bisa menanamkan akhlaqul karimah, maka pondok pesantren modern Al Bayyinah Cisoka mengharuskan para santri memiliki dan mengikuti segala aturan dan tata tertib serta kegiatan di dalam pondok. Mulai dari bangun pagi sampai menjelang tidur malam. Semua berisi tentang aturan dan kegiatan yang mengasah kepada akhlaqul karimah. Disamping para santri dibekali dengan keilmuan yang mumpuni.

Di samping itu, adanya hapalan al Quran dengan program one year one juz merupakan ciri khas pondok pesantren modern al bayyinah Cisoka di dalam mempelajari Alquran sebagai pedoman dan tuntunan hidup. Sebab Alquran harus diletakan di dalam dada mereka. Karena dasar dan pegangan hidup mereka harus bersandar kepada Alquran dan sunah Rosululloh SAW.

Hapalan dan pemahaman Alquran ini mendapatkan bimbingan langsung dari para guru yang mumpuni dibidangnya. Karena para guru langsung membimbing keseharian para santri di dalam pesantren. Mereka dikenal dengan sebutan guru pamong. Mengasuh sekaligus mengasah para santri dengan berbagai disiplin ilmu.

Baca juga :  Peringati Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Relawan Motor Literasi Chapter Kab. Tangerang Bagi-bagi Buku Bacaan

Sedangkan bahasa merupakan kunci untuk menguasai dunia. Sebagaimana nabi telah menyinggung, bahwa untuk menguasai suatu kaum, kuasailah bahasa mereka. Baik secara lisan, fisik, budaya, tradisi maupun adat istiadat yang berkembang dimasyarakat. Dengan demikian, bahwa Islam adalah diperuntukan untuk seluruh umat manusia di dunia. Dan boleh dipelajari oleh siapapun di dunia dengan aneka macam latar belakang dan aneka macam kebahasaan mereka.

Bahasa Arab dan bahasa Inggris adalah dua bahasa utama di dalam pembelajaran di pondok pesantren modern Al Bayyinah Cisoka ini. Di samping pada tingkatan atasnya para santri diberikan tambahan bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin.

Bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi antar santri sehari-hari. Bahkan menjadi pembelajaran utama dan wajib di dalam kelas saat seorang guru atau ustad dan ustadzah meyampaikan materi pembelajaran.

Tak kalah menariknya, di pondok pesantren modern Al Bayyinah juga diberikan materi keterampilan yang dapat meningkatkan kemampuan para santri dari sisi motoriknya. Adanya pembelajaran pencak silat, kaligrafi, seni Marawis, Jami’atul Qurro, Latihan dasar kepemimpinan, pramuka, Pidato 3 bahasa ( bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ), keputrian, organisasi HISBAH ( himpunan santri Al Bahyyinah ), Mading ( Majalah dinding dengan 3 bahasa ) dan lain sebagainya adalah semua itu untuk menggali potensi yang dimiliki para santri.

Oleh karenanya, tak ayal banyak para alumni pesantren yang telah sukses di tengah-tengah masyarakat, bahkan menjadi tokoh yang dikenal oleh publik. Hal itu dikarenakan pesantren menanamkan jiwa kemandirian dan kesungguhan di dalam keseharian para santri disaat mereka menimba ilmu dipondok pesantren modern Al Bayyinah Cisoka tangerang.

Baca juga :  Satu Korban Helikopter TNI AD Jatuh di Poso, Berasal Dari Kabupaten Tangerang

Kiranya, yang menjadi dasar pemikiran utama bagi pimpinan pondok pesantren modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang ini adalah menginginkan para alumninya kelak menjadi manusia-manusia yang bermanfaat bagi umat manusia. Tidak saja dibutuhkan oleh bangsa Indonesia sendiri, namun sangat dinantikan oleh seluruh bangsa di dunia. Sehingga dapat dirasakannya manfaat nilai-nilai kebaikan yang berlandaskan ajaran Alquran dan Al Hadist oleh semua umat manusia.

Cukup hal ini telah digambarkan di dalam Al Quran:

وليخش الذين لوتركوامن خلفهم ذرية ضعافا خافوا عليهم فليتقوا  االله وليقولوا قولا سديدا ( النساء 9)

Artinya: Dan hendaklah takut kepada Alloh SWT orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap ( kesejahteraan masa depan ) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah bertakwa kepada Alloh SWT dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. ( QS An Nisa : 9 ).

Dan di dalah hadist Nabi SAW oun telah dikatakan, bahwa menuntut ilmu merupakan jihad bagi para santri dan pelajar. Sebab mereka kelak akan menyampaikan kebenaran dari Alloh SWT.

Pondok pesantren Modern AL Bayyinah Cisoka kelak menjadi salah satu wadah di dalam menegakkan agama Alloh SWT dengan lembaga pendidikannya sesuai dengan maksud ayat dan hadist diatas.

Dengan Bissmillahirrahmanirrohiim, Pondok pesantren Modern Al Bayyinah Cisoka Tangerang telah membuka pendaftaran bagi peserta didik baru untuk tahun ajaran 2017-2018. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi panitia penerimaan santri baru via WA 087772529464 dan Tlp: 082177406693

loading...