HIMABIO UIN SMH Banten Laksanakan OSJUR Online

HIMABIO UIN SMH Banten Laksanakan OSJUR Online

SERANG, Pelitabanten.com – Orientasi Jurusan atau biasa dikenal dengan “Osjur” merupakan kegiatan rutin tahunan yang dijalankan oleh tiap himpunan khususnya di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Sabtu (07/11/2020).

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksankan Osjur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Program Studi (PRODI) biologi di UIN SMH Banten mulai dari sejarah singkat, visi misi, hingga etika akademik dan sistem pendidikan.

Tidak lupa pula, momen Osjur ini merupakan ajang pengenalan organisasi intra kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) sekaligus berbagai bidang di dalamnya.

Dimana pesertanya adalah mahasiswa baru jurusan biologi dan panitianya ada beberapa orang sebagai operator utama dan yang lain adalah anggota atau pengurus himpunan yang “terlantik” dan pastinya pernah mengikuti Osjur.

Acara ini pun dihadiri oleh Kaprodi, Sekprodi, KBM UIN SMH Banten, serta pemateri dan juga Dekan Fakultas Sains UIN SMH Banten yang kebetulan diwakili oleh Wadek l. Himpunan ini terbilang masih sangat baru, dimana hanya baru ada satu angkatan.

Oleh karenanya, Osjur merupakan momen yang tepat untuk mengenalkan himpunan ini, yang mana di dalamnya pun terdapat kelompok studi yang bergerak dibawah naungan himpunan.

Berbeda dari biasanya, Osjur kali ini dilaksanakan secara daring atau online dan bertemakan tentang perubahan. Hal ini dilakukan mengingat PSBB yang diperpanjang akibat wabah yang tak kunjung usang.

Namun, hal itu tidak menyurutkan antusias dan semangat para peserta, mereka sangat menikmati kegiatan ini, bahkan mereka merasa eratnya kekompakan sesama teman di jurusan juga kakak tingkatnya dan bisa mengenal lebih dalam tentang perkuliahan yang akan dijalani beberapa tahun kedepan melalui kegiatan Osjur ini.

Saiful Imam Maulana ketua pelaksana atau panitia Osjur HIMABIO UIN SMH Banten dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan Osjur ini mungkin berbeda dengan biasanya, akan tetapi bukan suatu alasan untuk menjadikan kita lemah dan hilang semangat dalam berproses baik di akademik maupun organisasi, kita mahasiswa yang merupakan agen perubahan pantang untuk meninggalkan tanggung jawab itu”.

Lanjut ia berkata “Kegiatan Osjur ini merupakan ajang beradaptasi di lingkungan baru dan melatih kekompakan sesama mahasiswa angkatan baik yang sudah semester 3, maupun mahasiswa yang baru memasuki jurusan, dimana kelak adik-adik kita ini yang akan menjadi generasi pengganti setelah kita. Oleh karena itu, Saya berpesan jangan pernah patah semangat dalam kondisi apapun, karena manusia dituakan oleh usia namun yang mendewasakannya adalah keadaan. Semoga kehadiran adik-adik bisa memberi warna baru bagi PRODI biologi”.

Osjur amatlah penting bagi mahasiswa baru, karena disini mereka diberikan gambaran tentang keilmuan dan lingkungan belajar yang akan ditempuh. Di momen ini juga, mereka bisa menetukan akan memfokus diri pada bidang apa kedepannya.

“Saya berharap teman-teman semua bisa menangkap substansi dari apa yang dan telah dan akan disampaikan. Dengan diangkatnya tema There is No Change Where There is No Action yang artinya tidak akan ada perubahan tanpa sebuah pergerakan, semoga ini bisa menjadi motivasi teman-teman, dan bukan sekedar dijadikan kata mutiara atau pajangan semata” pungkasnya.

Acara itu pun berjalan lancar hingga selesai pada pukul 15.30, dan di akhir acara Ketua Umum HIMABIO dan juga Ketua Pelaksana memberikan ucapan selamat dan motivasi kepada para peserta sebagai penutup acara.

Penulis: Saiful Imam Maulana (Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)