CSR Petrofin Resik Bagikan Alat Kebersihan & Santunan Untuk Rumah Ibadah

CSR Petrofin Resik Bagikan Alat Kebersihan & Santunan Untuk Rumah Ibadah

Pelitabanten.com – Sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan, dimana beberapa daerah memiliki curah hujan disertai angin yang cukup tinggi terkadang membuat bangunan terutama fasilitas umum menjadi terdampak. Beberapa dampak yang ditimbulkan antara lain dalam hal kebersihan fasilitas umum tersebut diantaranya tempat tempat ibadah. Cuaca yang kadang ekstrim membuat beberapa lokasi rumah ibadah menjadi lebih cepat kotor bahkan diantaranya mengalami kerusakan ringan.

Kondisi ini mendorong PT Elnusa Petrofin (EPN) untuk menginisiasi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Petrofin Resik yang merupakan bagian dari program CSR #petrofinpeduli, yaitu pemberian ratusan alat kesehatan dan kebersihan berbagai rumah ibadah lintas agama. Hal ini dilakukan di seluruh Indonesia terutama yang lokasinya dekat dengan wilayah operasional EPN, mengingat saat ini masyarakat berangsur-angsur telah kembali melaksanakan ibadah di Rumah Ibadah masing-masing dengan mengikuti protokol COVID-19.

Kegiatan CSR Petrofin Resik ini dilakukan sejak tanggal 23 sampai 29 Oktober 2020 bersamaan dengan momentum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dimana lokasi pelaksanaan tersebar dari sabang sampai Merauke, dengan agenda utama yaitu pemberian alat kebersihan dan santunan dana ke puluhan Rumah Ibadah yang ada di sekitar wilayah operasional EPN seluruh Indonesia. Lokasi ini antara lain 83 titik lokasi di wilayah Fuel/Intergrated Fuel Terminal BBM, SPPBE, Project Chemical dan Depot Elnusa Petrofin.

“Alat kebersihan yang diberikan kepada pihak pengelola atau penanggungjawab rumah ibadah antara lain sapu, cairan pembersih, sekop, alat pel serta santunan kebersihan dan bantuan kepada pengurus Rumah Ibadah” tutur Putiarsa Bagus Wibowo Corporate Communication PT Elnusa Petrofin. “Selain itu, ada pula yang memberikan karpet karena melihat kondisi di rumah ibadah tersebut. Pemberian bantuan ini sebagai upaya preventif agar kebersihan di masing-masing rumah ibadah tetap terjaga” tutup Putiarsa.

Keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia menjadi salah satu hal utama yang sangat diperhatikan Elnusa Petrofin dalam menjalankan program Corporate Social Responsbility (CSR) ini. Dimana EPN selalu memperhatikan local wisdom dan kondisi masyarakat di unit operasional dalam memberikan bentuk CSR yang digagas atau diberikan.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin menyampaikan bahwa “Pemberian bantuan alat kebersihan dan santunan bukan hanya terfokus ke mesjid. Namun pemberian ini juga kita lakukan ke seluruh rumah ibadah untuk penganut agama lainnya seperti Gereja, Kapel, Vihara, Pura,  maupun Klenteng. Mengingat wilayah operasional Elnusa Petrofin mencakup luar pulau jawa dan mengikuti masyarakat didaerah tersebut. Hal ini juga sebagai sikap meneladani sifat Nabi Muhammad SAW”.

Haris melanjutkan bahwa “Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW harus digunakan dengan meningkatkan rasa kepedulian antar sesama, terlebih kegiatan yang turut menjaga kebersihan. Semoga dengan adanya kegiatan #PetrofinPeduli ini, Elnusa Petrofin memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Dan semoga dengan adanya pemberian alat kebersihan dan santunan di rumah ibadah, menjadikan masyarakat semakin khusyuk dalam menjalankan ibadah.” pungkas Haris.

Bapak Mugianto, selaku pengurus Musholla Riyatul Jannal yang berlokasi di Ring 1 Depot VHS yang dikelola oleh EPN di TCI Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas bantuan alat kebersihan dan santunan dana yang diberikan oleh PT Elnusa Petrofin. Melihat kondisi cuaca serta di tengah COVID-19 saat ini, Bapak Mujianto merasa bahwa kebersihan mushollah sangat diperlukan. Agar penggunanya merasa tenang dan nyaman dalam beribadah sertaan berharap agar kegiatan CSR semacam ini senantiasa berlanjut dikesempatan lainnya.**