Pandemi Usai, Begini Skema Disbudpar Kota Tangerang Tingkatkan Wisatawan

Pandemi Usai, Begini Skema Disbudpar Kota Tangerang Tingkatkan Wisatawan
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang, Ubaidilah Ansar. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Selama pandemi Covid-19, tempat wisata yang ada di Kota Tangerang sementara waktu di tutup. Kebijakan ini dilakukan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Kota Tangerang.

Seluruh Dunia, Indonesia umumnya dan Kota Tangerang pada khususnya berharap Pandemi virus asal Wuhan China ini dapat segera berakhir.

Pandemi Usai, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang sudah mempersiapkan skema pariwisata untuk menarik dan meningkatkan wisatawan datang kembali ke Kota Tangerang.

Wisatawan dalam dan luar kota Tangerang bisa mengunjungi kampung-kampung tematik dan juga taman-taman tematik yang sudah ada.

Dikatakan, Kepala Disbudpar Kota Tangerang Ubaidillah Anshar, selama pandemi Covid-19 lokasi wisata seperti taman tematik dan kampung tematik memang ditutup sementara, tetapi skema untuk membuka kembali pasca pandemi sudah di persiapkan.

“Persiapan yang kami lakukan, salah satunya melalui event-event besar untuk menarik wisatawan datang kembali ke Kota Tangerang. Dengan kedatangan wisatawan dari luar Kota Tangerang bisa meningkatkan PAD dari sektor pariwisata,” ujarnya, Rabu (4/11/2020) kepada Pelitabanten.com.

Festival Budaya Nusantara Disbudpar Kota Tangerang Saat Sebelum Pandemi Covid-19. Foto Pelitabanten.com

Pria yang akrab disapa Ubed ini menambahkan, Tema Kota Tangerang salah satunya adalah kota layak kunjung, itu yang akan di tekankan melalui pariwisata setelah pandemi Covid-19.

Namun, untuk saat ini skema tersebut belum bisa dilakukan, karena pemerintah pusat belum menginformasikan bahwa Indonesia terbebas dari Covid-19.

“Sebelum adanya Pandemi Covid-19, kampung tematik yang ada di Kota Tangerang menjadi target wisatawan dari luar Kota Tangerang. Apalagi taman tematik juga menjadi incaran wisatawan yang datang ke Kota Tangerang,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, Disbudpar Kota Tangerang tengah mempersiapkan wisata baru yakni Waterway yang bakal berada di kali Sipon, Waterway nantinya bisa dinikmati wisatawan dengan menyusuri kali sipon mengunakan perahu-perahu yang sudah disiapkan.

“Makanya untuk Waterway sedang kami siapkan, mulai dari dermaga, jalur serta fasilitas lainnya sedang kami siapkan. Agar saat pandemi ini usai, waterway bisa dinikmati wisatawan dan juga masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya.

Ubed menuturkan, event-event besar seperti Festival Cisadane, Festival Budaya dan juga Culinary Night akan kembali diaktifkan pasca pandemi usai. Tentunya, dengan konsep yang bisa menjadi daya tarik wisatawan.

“Festival Cisadane sudah masuk dalam kalender of event Internasional yang dimasukan oleh Kementrian Pariwisata, itu menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara. Kemasannya, nanti akan lebih meriah dari tahun lalu,” tukasnya (Adv).