Beranda Peristiwa Kota Tangerang 3 Miliar, Pembangunan Waterway di Kota Tangerang Dapat Bantuan dari ICLEI World

3 Miliar, Pembangunan Waterway di Kota Tangerang Dapat Bantuan dari ICLEI World

3 Miliar, Pembangunan Waterway di Kota Tangerang Dapat Bantuan dari ICLEI World
Sugihharto A. Bagdja, Kepala Bappeda Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Pembangunan Waterway yang nantinya akan menjadi moda transportasi air di Kota Tangerang, mendapatkan dari ICLEI World.

Yaitu organisasi yang peduli penurunan gas efek rumah kaca yang berada di benua Eropa tepatnya Negara German.

tersebut diketahui senilai 200 Ribu Euro yang jika dikalkulasikan dalam bentuk rupiah senilai Rp 3 miliar.

Kepala Bappeda Kota Sugihharto A. Bagdja mengatakan, dari ICLEI World ini karena Kota Tangerang menjadi salah satu kota di seluruh dunia yang mempunyai konsep pengurangan gas efek rumah kaca melalui Waterway.

“Jadi, konsep waterway ini sudah kita ajukan ke ICLEI sejak tahun 2018. Akan tetapi, sebelumnya kita sudah melakukan konsolidasi sejak 2016 lalu. Saat ini, masih dalam proses kajian. Untuk realisasinya kita belum mengetahui,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/11/2020).

Baca Juga:  Buruh Banten Bersatu Unras Menuju Rumdin Gubernur, Polisi Lakukan Pengawalan dan Pengamanan

Sugihharto menambahkan, tersebut untuk mensupport kebutuhan Waterway, seperti Dermaga, Perahu, Marka Air, Spot Lampu dan Integrasi Darat dan Air bisa memanfaatkan anggaran dari ICLEI.

“Jadi di Indonesia hanya ada 3 Kota yang mendapatkan dari ICLEI, Kalau kita (Pemkot Tangerang) Warterway, untuk Balikpapan jalur sepeda dan Jambi penangan sampah, saat ini kita terus melakukan lanjutan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya Waterway bisa mengurangi kemacetan di darat, dan itu bisa mengurangi adanya gas efek rumah kaca yang ditimbulkan dari kendaraan. Tetapi, memang belum bisa dipastikan kapan tersebut terealisasi.

“Pastinya, setelah adanya Waterway bisa mengurai kemacetan di darat. karena nanti, moda transportasi air ini akan segera hadir. Rencananya, untuk jalur akan dimulai dari hingga Stasiun Tangerang,” ungkapnya.

Sugihharto menuturkan, untuk internal Pemkot sendiri saat ini mengenai waterway sudah dilakukan proses, mulai dari pembangunan dermaga dan juga pengadaan perahu. Jika ada kekeruangan, ICLEI tersebut akan digunakan.

Baca Juga:  Kemenangan Syafrudin-Subadri Adalah Kemenangan Rakyat

-mudahan bisa trealisasi segera, karena waterway tidak hanya bisa sebagai moda transportasi melainkan wahana wisata baru bagi wisatawan dan juga Kota Tangerang,” pungkasnya.