Kabar Baik Bagi Pelaku Usaha Pariwisata, Kemenparekraf Sosialisasi FinBack 2020 di Kota Tangerang

Kabar Baik Bagi Pelaku Usaha Pariwisata, Kemenparekraf Sosialisasi FinBack 2020 di Kota Tangerang
Bekerjasama Dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Kemenparekraf Sosialisasi FinBack 2020 di Hotel Atria, Tangerang, Selasa (27/10/2020). Foto Ahmad Syihabudin Pelita Banten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) berdampak pada berbagai sektor usaha terlebih pada sektor dunia Pariwisata dan Kuliner di Indonesia.

Guna meningkatkan kembali gairah bagi pelaku usaha pariwisata dan Kuliner Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar sosialisasi Fintech Business Matchmaking (FinBack) di Hotel Atria, Tangerang, Selasa (27/10/2020).

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim, mengatakan kegiatan FinBack ini mempertemukan pebisnis atau pengusaha dengan calon investor atau partner yang memberikan dampak pada peningkatan bisnisnya.

“Peningkatan itu dapat berupa asset, pendapatan, daya saing yang berkualitas bagi pelaku usaha. Melalui perjodohan ini semoga berpengaruh terhadap eksistensi produk kreatif melalui teknologi finansial,” ucapnya.

FinBack sendiri, lanjut Hanifah bertujuan untuk memperluas networking, menambah wawasan tentang tren bisnis dan perdagangan serta akses pembiayaan, mengefisiensikan waktu dan biaya.

“Sasaran dari sosialisasi ini setidaknya peserta memahami tentang cara pengajuan pembiayaan dan memahami konsep pendananaan berbasis finansial teknologi,” katanya.

Hanifah menuturkan, saat ini FinBack masih terfokus pada sektor pariwisata dan kuliner dikarenakan potensi sektor tersebut yang saat ini menunjukkan trend positif dan terus meningkat setiap tahunnya.

“Ke depan, FinBack mungkin akan merambah sub sektor Ekonomi Kreatif yang menjadi binaan Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Ubaidilah Ansar, mengaku sangat mendukung upaya yang dilakukan Kemenparekraf ditengah pandemi Covid-19, khususnya di Kota Tangerang.

Ia juga akan mempelajari apa yang nantinya disosialisasikan oleh Kemenparekraf. Kedepan, Ubaidilah juga mengaku, pandemi covid-19 sangat berdampak di Kota Tangerang. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan strategi untuk membangkitkan gairah lagi pariwisata dan ekonomi.

“Kemenparekraf memang starting (mulai) dari Kota Tangerang. Bagaimana nanti lokasi pusat pariwisata kita dekatkan ke masyarakat. Yang menjadi utama adalah taman-taman tematik,” tambahnya.

Pada pelaksanaan FinBack 2020 ini hadir secara hybrid (offline dan online) perwakilan pelaku usaha, termasuk yang berada di luar wilayah Kota Tangerang.

Selama melakukan sosialisasi, nampak seluruh peserta yang hadir diminta untuk melakukan protokol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah pada masa Pandemi covid-19 dengan terlebih dahulu melakukan Rapid Test oleh panitia.