Operasi Zebra 2020, Satlantas Polrestro Tangerang Kota Terjunkan Tim Patroli Sepeda

Operasi Zebra 2020, Satlantas Polrestro Tangerang Kota Terjunkan Tim Patroli Sepeda
Operasi Zebra 2020, The 9 Bicycle Patrol Satlantas Polres Metro Tangerang Kota. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Pelaksanaan Operasi Zebra 2020, Satlantas Polres Metro Tangerang Kota menerjunkan Tim Patroli Pesepeda yang diberi nama The 9 (Nine) Bicycle Patrol.

Operasi Zebra di hari perdana Senin, (26/10/2020) berlangsung di jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang, Banten.

Kasat Lantas, Komisaris Polisi Jamal Alam mengatakan, Tim pesepeda ini merupakan tim khusus Satlantas Polres Metro Tangerang Kota yang salah satu tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19 melalui upaya preventif dan preemtif.

“Hari ini, operasi zebra 2020 diawali dengan melaunching patroli sepeda, untuk di gunakan melakukan himbauan protokol kesehatan Covid-19, karna sepeda bisa menjangkau wilayah pelosok kota sampai ke gang dan jalan sempit,” Kata Jamal.

Launching The 9 Bicycle Patrol di Mapolres Metro Tangerang Kota. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Lebih jauh, Jamal menambahkan, pelaksanaan kegiatan operasi zebra jaya 2020 akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai hari ini Senin, tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan 8 november 2020.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, Karna berada di masa Pandemi Covid-19, kami lebih mengedepankan patroli dan himbauan guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas serta memutus mata rantai penularan virus covid-19,”ujarnya.

Jamal merinci, sasaran prioritas penegakan hukum berlalu lintas pada Operasi Zebra saat ini menyasar pada pelanggar lalu lintas yang melawan arus, tidak menggunakan helm, berhenti di stop line, dan tidak memenuhi syarat tehnis dan laik jalan (knalpot Racing).

Adapun personil yang di terjunkan selama operasi berlangsung sebanyak 150 anggota yang terbagi dalam beberapa satgas, yaitu Satgas Preemtif, Satgas Gakkum, Satgas Preventif dan Satgas pendukung yang berasal dari Instansi terkait seperti TNI, Dishub dan Satpol PP.

“Pelaksanaan operasi zebra jaya 2020 dilakukan dengan konsep 40 persen kegiatan preventif, 40 persen kegiatan preemtif, dan 20 persen kegiatan represif,” pungkasnya.