Kampung Anggur Binaan Polsek Jatiuwung Raih 75 Ikon Apresiasi dari BPIP

Kampung Anggur Binaan Polsek Jatiuwung Raih 75 Ikon Apresiasi dari BPIP
Kampung Anggur, Kampung Sehat Binaan Polsek Jatiuwung Raih 75 Ikon Apresiasi dari BPIP kategori Social Enterpreneur. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Kampung Anggur yang berlokasi di RW 03, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang berhasil meraih prestasi sebagai salah satu 75 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020, kategori Social Enterpreneur.

Sebagai informasi, Penghargaan itu berasal dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan kampung anggur ini merupakan kampung binaan dari Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota.

Kepada awak media, Ketua RW 3, Budi Susanto mengatakan, di Kampung Anggur ini Ia bersama warganya membuat beberapa inovasi. Seperti, mempercantik lorong kampung, budidaya lebah trigona, ikan, rumah kreatif kartun dibawah binaan Kapolsek Jatiuwung dan jajaran.

Budi menyatakan, tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut, yang Ia perbuat adalah bagaimana mengajak masyarakat bersama membangun kampung menjadi layak huni.

“Dikampung anggur ini ada pojok baca yang dilengkapi wifi gratis dan cerita atau film pendek untuk menjadi motivasi kepada warga lainnya,” ucapnya saat dijumpai di Kampung Anggur, Minggu (30/8/2020).

Budi menambahkan, untuk pembinaan pancasila, pihaknya lebih mendorong kepada tindakan sehari-hari, ketimbang teori.

“Untuk tindakan, seperti peduli sesama, gotong royong ketika membenahi lingkungan. Itu wujud pancasila dalam wujud tindakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Jatiuwung, Kompol Aditya SP Simbiring mengaku sangat bangga dan mengapresiasi terhadap apa yang sudah diperoleh warga binaannya tersebut.

Ia menginginkan, prestasi itu harus diikuti dengan kegiatan yang menginvestasikan nilai-nilai lima dasar pancasila dalam kehidupan keseharian masyarakat di Kampung Anggur Kampung Sehat ini.

“Untuk bagaimana bersama-sama ditengah pandemi bergotong royong mencegah penularan Covid-19. Seperti bekerjasama, bergotong royong tertib mengikuti protokol kesehatan,” unkapnya.

Aditya berpesan, agar masyarakat dapat menjaga nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar apa yang menjadi budaya bangsa Indonesia tidak hilang tergerus Jaman.