Pulihkan Ekonomi Pasca-Tsunami, KKN UGM Edukasi Masyarakat Pembuatan VCO

Pulihkan Ekonomi Pasca-Tsunami, KKN UGM Edukasi Masyarakat Pembuatan VCO
Ilustrasi (Foto: moho01@Pixabay)

Pelitabanten.com – Tanjung Jaya adalah desa wisata yang terletak di kota pandeglang kecamatan panimbang. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang paling besar kepada UMKM yang ada di Indonesia.

Perekonomian UMKM Desa Tanjung Jaya mengalami penurunan secara drastis diakibatkan adanya pandemi Covid-19. Salah satu yang menjadi penggerak ekonomi di Tanjung Jaya adalah perkebunan kelapa.

Hampir keseluruhan bagian dari kelapa dimanfaatkan untuk diolah menjadi produk yang bermanfaat. Limbah batok kelapa dijadikan sebagai produk IKM berupa kerajinan batok kelapa.

Menurut Danni Wahyudi Manta selaku perwakilan kementrian pariwisata, minyak kelapa belum dimanfaatkan dengan baik sehingga perlu ditingkatkan pemanfaatanya.

Mahasiswa KKN PPM UGM jurusan teknik kimia Universitas Gadjah Mada, Mirza Hafidz Alhazami memberikan bimbingan kepada pelaku IKM dengan memanfaatkan minyak kelapa sebagai produk pemasaran mereka.

Program pembuatan kompos organik telah dilaksanakan pada Rabu, (05/08/2020) kemarin. Adapun jenis minyak kelapa yang disosialisasikan adalah VCO.

Bahan- bahan yang digunakan yaitu ragi tempe, air putih, dan parutan kelapa. Segala bahan dan alat untuk keperluan VCO ini didapatkan di dekat tempat tinggal mahasiswa.

Ia pun mengedukasi kepada ketua IKM kerajinan kelapa (TDM Works) dari desa Tanjung Jaya. Dalam pembuatan VCO, Mahasiswa KKN lebih pada menggunakan metode fermentasi karena dinilai lebih sederhana dan hemat energi.

Untuk meyakinkan pelaku usaha bahwa pembuatan VCO dapat dikerjakan dengan mudah, ia membuat video tutorial di rumah dan menguploadnya ke youtube. tidak hanya itu, kami juga memberikan program bimbingan konsultasi bagi wirausahawan yang ada di Tanjung Jaya untuk menyelesaikan permasalahan wirausaha yang ada di Tanjung Jaya termasuk konsultasi pemasaran VCO kedepannya.

Proses pembuatan VCO hingga membagikan link video pembuatan VCO membutuhkan waktu selama tiga belas hari pengerjaan. Secara singkat metode fermentasi terdiri dari lima langkah diantaranya pengambilan santan, pemisahan skim dan krim, penambahan ragi pada krim, pengambilan VCO dan pemurnian VCO menggunakkan metode penyaringan.

“Saya harap edukasi pembuatan VCO dapat meningkatkan efesiensi pemanfaatan kelapa dari hasil perkebunan kelapa sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Tanjung Jaya” pungkasnya.

Mirza Hafidz AlhazamiPenulis: Mirza Hafidz Alhazami
(Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)