Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Karyawan Swasta

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Karyawan Swasta

Pelitabanten.com – Perkembangan teknologi semakin memudahkan berbagai aktivitas termasuk urusan pinjaman uang online. Saat ini, hanya bermodalkan akses internet Anda sudah bisa mendapatkan uang pinjaman lewat berbagai pilihan aplikasi pinjaman online. Namun, sebagai karyawan swasta tentunya Anda harus lebih berhati-hati dengan semakin menjamurnya aplikasi pinjaman online ilegal yang banyak merugikan Nasabah. Agar tidak terjebak pinjaman online ilegal, simak tips memilih pinjaman online untuk karyawan swasta berikut:

1. Pilih Aplikasi yang Terdaftar OJK

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Karyawan Swasta

Tips memilih pinjaman online untuk karyawan swasta yang pertama adalah dengan memperhatikan nama penyedia pinjaman online tersebut. Cek terlebih dahulu apakah penyedia pinjaman online yang akan Anda gunakan tersebut terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Hal ini karena sebagai lembaga pengawas jasa keuangan, OJK memiliki daftar khusus penyedia pinjaman online yang terpercaya. Anda patut mencurigai jika menemukan penyedia pinjaman online yang belum terdaftar OJK, bisa saja pinjol tersebut ilegal.

2. Transparan dengan Besaran Bunga

Tips memilih pinjaman online lainnya adalah penyedia pinjaman online akan sangat terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan transparan dengan besaran bunga yang Anda dapatkan. Mereka juga akan menjelaskan berapa tempo pembayaran, sampai dengan hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset hingga cara penagihan pada debiturnya.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tidak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu. Prosedur penagihan secara baik pun tidak akan mengganggu privasi dan orang terdekat Anda. Hal ini untuk mencegah data pribadi seperti daftar kontak di HP tidak sembarangan dihubungi untuk menagih hutang.

3. Persyaratan yang Masuk Akal

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Karyawan Swasta

Tips selanjutnya yaitu persyaratan yang mudah namun tetap masuk akal. Selain memberikan syarat copy e-KTP calon debitur, pinjaman online yang aman akan meminta NPWP, bukti transaksi dari rekening bank Anda selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya (bila pernah sebelumnya pernah meminjam dana), dan SIUP untuk calon debitur yang pengusaha.

Tips ini sering disepelekan, padahal sangat penting untuk calon debitur. Jangan sampai Anda tergiur dengan persyaratan yang sangat mudah, namun pinjaman tersebut tidak aman alias abal-abal.

4. Memiliki Kontak yang Jelas

Tips memilih pinjaman online selanjutnya yaitu Anda harus mengetahui kontak perusahaan penyedia pinjaman online tersebut seperti nomor customer service, nomor kantor pusat, dan lain sebagainya. Kalau ada penyedia pinjaman online yang tidak menyertakan nomor penting tersebut, sebaiknya Anda tidak mengajukan pinjaman di sana deh.

5. Memiliki Situs Resmi

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Karyawan Swasta

Keberadaan situs resmi penyedia pinjaman online juga bisa dijadikan patokan sebagai tips memilih pinjaman online untuk karyawan. Situs resmi tentunya memberikan informasi lengkap, di mana selain menampilkan jenis produk pinjaman, ada juga kontak dan alamat perusahaan yang jelas dan sudah pasti bisa dikunjungi debiturnya. Bukti perusahaan tersebut telah terdaftar di OJK juga harus ada di situs itu, sehingga legalitas dari perusahaan tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

Itulah tips memilih pinjaman online untuk karyawan swasta yang bisa Anda terapkan agar tidak tertipu oleh pinjol ilegal. Salah satu aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa dipilih oleh karyawan swasta adalah Tunaiku. Salah satu alasan mengapa aplikasi ini sangat direkomendasikan adalah karena Tunaiku terdaftar di OJK, sehingga legalitas dari aplikasi ini memang terbukti.

Dengan legalitas yang jelas, Anda sebagai kreditur bisa nyaman dan aman dalam menggunakan produk pinjaman. Selain Tunaiku terdaftar di OJK, aplikasi ini juga hadir dengan menawarkan kredit tanpa agunan. Tentunya ini dapat menjawab kebutuhan akan pinjaman cepat, aman dan terpercaya sejak 2014 sampai sekarang.