MTQ Banten, Kafilah Kota Tangerang Jalani Pemusatan Latihan

Pemusatan Latihan Kafilah Jelang MTQ Provinsi Banten 10 Agustus 2020. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Kafilah Kota Tangerang menggelar Training Centre (TC) guna pemantapan dan persiapan akhir menghadapi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Provinsi Banten Tahun 2020, pada Sabtu (8/8/2020).

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, meskipun sempat terkendala pandemi Covid-19 yang berdampak pada perubahan agenda dan lokasi, namun pemusatan latihan tahap kedua harus dilakukan untuk persiapan akhir.

“Waktunya memang sempit, karena Senin (10/8) sudah langsung bertanding. Pada awalnya memang banyak pertimbangan dan diskusi apakah MTQ akan berlanjut, tapi dengan komitmen bersama menerapkan protokol kesehatan secara ketat akhirnya diputuskan tetap dilaksanakan,” ungkap Wali Kota.

Acara yang berlangsung di Hotel Narita, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang tersebut dihadiri Ketua Pengadilan Agama Kota Tangerang Dalih Effendi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Badri Hasan, dan Ketua DMI Kota Tangerang Heryanto, Ketua Baznas Kota Tangerang Aslie Al Khusaeri, dan Ketua Harian LPTQ Kota Tangerang Ghozali Barmawi.

Untuk MTQ tahun ini, Kota Tangerang mengirimkan 148 orang yang terdiri dari Official 21 orang, Qari-Qariah 85 orang, Pendamping 20 orang dan Pembina 22 orang.

Arief berpesan kepada peserta agar memanfaatkan sisa waktu tiga sebagai persiapan akhir baik fisik maupun mental. Dan tak lupa, Walikota juga menitipkan pesan kepada pembina serta pendamping agar menjaga kondisi kesehatan kafilah.

“Ingatkan untuk selalu gunakan masker dan jaga jarak saat disana nanti. Cek selalu kesehatan para kafilah. Tentunya target kita menang dan jadi Juara Umum, tapi juga harus diingat kita masih dalam masa pandemi jadi tetap waspada,” pesannya.

Sementara itu, Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman menjelaskan teknis pelaksanaan lomba yang menggunakan protokol kesehatan, dimana seluruh peserta sebelum bertanding telah melakukan Rapid Test termasuk juga panitia dan pendamping.

“Selain itu, pelaksanaanya tidak melibatkan massa yang banyak, jadi hanya peserta dan tim dewan juri. Ditambah dengan sistem gugur, jadi yang kalah bisa langsung pulang/kembali jadi tidak menumpuk pesertanya,” jelas Sekda.

Sebagai informasi, MTQ XVII Tingkat Provinsi Banten, akan digelar pada 10 Agustus 2020 di Masjid Raya Al-Bantani, Serang. Terdiri dari sembilan cabang yang dilombakan dan diadakan di lima lokasi.