Mahasiswa Undip Luncurkan Akun Resmi Kelurahan Ciwedus

Mahasiswa Undip Luncurkan Akun Resmi Kelurahan Ciwedus

CILEGON, Pelitabanten.com – 17 Juli 2020 jadi hari bersejarah bagi pemerintahan Kelurahan Ciwedus, karena baru-baru ini akun resmi Kelurahan Ciwedus telah diluncurkan. Media baru berupa pemanfaatan media sosial sebagai komunikasi publik oleh pihak kelurahan kepada warga Ciwedus disambut baik oleh Ibu Kepala Seksi Ketertiban Umum dan Pemerintahan.

“Ini bagus ya programnya, saya harap lewat adanya media sosial kelurahan, seluruh informasi pelayanan publik bisa nyampe ke warga kelurahan”, imbuhnya.

Selain itu, salah satu warga juga mengapresiasi adanya media sosial Kelurahan Ciwedus. “Ya bagus mba, kan enak ada media sosialnya, jadi lebih gampang mantaunya. Apalagi, kita kan juga pake media sosial ya kayak facebook gitu”, imbuh bu Irwani.

Munculnya inovasi dalam komunikasi publik ini, berawal dari gagasan mahasiswa Universitas Diponegoro, Ehma Pemelia Simanjuntak (Ilmu Komunikasi 2017) yang resah karena belum tersedia media komunikasi dari pemerintah kelurahan kepada warga. Apalagi media komunikasi publik Kelurahan Ciwedus sebetulnya sempat tersendat, karena tidak digunakannya lagi website kelurahan dan dibatasinya kegiatan di kala pandemi.

“Terakhir kali kami memberikan informasi pelayanan itu pada tahun 2019, jadi ga ada lagi informasi dari kelurahan ke warga nong”, ucap Ibu Siti Nurhaeni, selaku Kepala Seksi Ketertiban Umum dan Pemerintahan Kelurahan Ciwedus.

Setelah berdiskusi bersama antara mahasiswa KKN Undip, Bapak Lurah juga Ibu Kepala Seksi di Kelurahan, akhirnya pun program ini didukung dan diwujudkan.

Instagram (@kelurahanciweduscilegon) dan Facebook Fan Page (Kelurahan Ciwedus) dipilih sebagai platform akun resmi Kelurahan Ciwedus. “Pemilihan dua platform ini bukan tanpa dasar, tapi juga memperhatikan cakupan khalayak berbeda, namun bisa jadi konprehensif. Karena Facebook segmentasi usernya ada orang dewasa dan orang tua, sedangkan Instagram segmentasinya itu anak muda”, ujar Ehma Pemelia selaku penggagas program KKN.

Sebelumnya, kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Undip disambut baik oleh Kepala Kelurahan Ciwedus. “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa. Kami juga bangga, karena adik-adik mahasiswa sebagai aset desa, mau kembali untuk berkontribusi” imbuh Bapak Suherman selaku Kepala Kelurahan Ciwedus. (rls)