Disperindagkopukm Kota Tangerang Latih UMKM Agar Memiliki Daya Saing

Disperindagkopukm Kota Tangerang Latih UMKM Agar Memiliki Daya Saing
Disperindagkopukm Latih Pelaku UMKM Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kota Tangerang menggelar pelatihan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Pelatihan ini dalam upaya meningkatan daya saing ini di bagi dalam sejumlah gelombang dengan materi yang berbeda.

Total peserta ada 150 orang, namun dalam pelaksanaan saat ini diikuti oleh 50 orang karena kondisi pandemi covid-10. Para peserta mengikuti kegiatan selama dua hari dengan protokol kesehatan yang ketat, demikian dijelaskan Kepala Seksi pengembangan dan pembinaan usaha dan peningkatan daya saing UKM, Irfan hardiansyah.

“Saat ini peserta berasal dari Kecamatan Karawaci dan Jatiuwung. Adapun untuk pembicara yakni ibu Magdalena yang membahas pentingnya kemasan dalam pemasaran produk,” jelas Irfan, Selasa (4/8/2020).

Untuk gelombang berikutnya akan diikuti oleh 50 orang pelaku usaha dengan materi yang berbeda. Dari kegiatan ini nantinya kami akan dorong untuk bisa dijual ke ritel besar seperti Alfamart.

“Kami ada kerjasama dengan Alfamart, nanti kami dorong agar produk pelaku UMKM ini bisa ada disana, selain juga kerjasama dengan Aprindo. Kami nanti akan pilih produknya,”katanya,

Dilokasi kegiatan, pembicara Maria Magdalena menjelaskan, dalam hal pemasaran produk, kemasan menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum produk itu dilepas ke pasar. Namun sayang Kata Dia, tidak semua pelaku bisnis bisa membuat desain kemasan produk yang menarik.

Salah seorang peserta Anna menuturkan lewat kegiatan ini bisa memahami pentingnya kemasan dalam upaya meningkatkan ketertarikan calon pembeli sehingga mau membeli produk serta bagaiamana cara membuat kemasan yang menarik dan aman.

“Kegiatan ini sangat baik, kami pelaku usaha jadi lebih tahu sehingga bisa lebih memperhatikan kemasan dalam menjual produk kami agar penjualan juga bisa lebih maksimal,” ujar pelakuvusaha kue kering dan ketering itu.