Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Melonjak, Ini Kata Wali Kota

Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Melonjak, Ini Kata Wali Kota
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Ditemui awak media usai menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang secara daring di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Wali Kota Arief R Wismansyah, menjelaskan Kondisi Terkini Lonjakan Kasus Covid-19.

“Jadi kondisi kota Tangerang di beberapa minggu terakhir. memang di kondisi minggu kemarin kurang lebih ada lonjakan 40 kasus, padahal minggu sebelumnya dalam seminggu hanya terdapat 2 kasus, memang terjadi lonjakan kasus Covid-19,”kata Arief. Senin, (3/8/2020).

Arief juga menjelaskan, saat ini pemkot Tangerang terus melakukan operasi ‘Aman Bersama’, Ia berharap masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

“Dari data menunjukkan bahwa Positivity rate kita meningkat dari angka 0.1 persen ke 3.9, maka kewaspadaan harus meningkat,” Ujarnya.

Kata Arief, Surat edaran ke seluruh perkantoran baik instansi pemerintah maupun swasta sudah disampaikan, Wali Kota juga meminta untuk memperhatikan ventilasi ruangan untuk menghindari terjadinya klaster-klaster baru di Kota Tangerang.

“Dalam rangka keamanan bersama gunakan masker, jaga jarak, kita minta semua didisinfektan,”tegas Arief.

Arief mengatakan, 46 persen dari total 40 kasus terjadi karena kontak erat, Penularan terjadi dari kantor ke rumah. Kemudian, 11 persen karena interaksi sosial, lalu 26 persen 17 kasus perkantor, 15 kasus dari 17 kasus itu dilaporkan dari DKI Jakarta.13 kasus kontak erat, rumah 4 kasus, Interaksi sosial 3 kasus.

Kendati demikian, Arief menyebut angka kesembuhan pasien Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di kota Tangerang cukup tinggi mencapai 83.7 persen.

“Saya sudah instruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) agar memberikan terapi terbaik agar cepat pulih. termasuk kita dorong pemanfaatan plasma darah yang sudah sembuh, ini bagian dari upaya kita sehingga proses recovery lebih cepat,” kata Dia.

Wali Kota berharap, bukan hanya melakukan tracking dan yang terpapar cepat sembuh, masyakarat diminta tetap menjaga diri dan menjaga keluarga, Jaga Kota Tangerang.