Belajar Menyenangkan di Rumah Saat Masa New Normal

Belajar Menyenangkan di Rumah Saat Masa New Normal
Ilutrasi (Sasin Tipchai/Pixabay)

Pelitabanten.com – Tahun ajaran baru telah memasuki beberapa hari di minggu pertamanya. Untuk sebagian sekolah masih menggunakan metoda daring alias online. Saat Pandemi Covid-19 ini menerpa Indonesia, begitu banyak orang tua yang kesulitan mengikuti dan menemani anak-anaknya belajar di rumah, namun kondisi pandemi belum juga mereda, sekalipun new normal telah diberlakukan hanya saja di zona hijaupun belum bisa dilakukan tatap muka karena masih banyak kekhawatiran baik dari pihak orang tua ataupun sekolah sendiri, apalagi ditambah berita tentang klaster baru di sekolah. Hingga akhirnya pembelajaran masih dilakukan jarak jauh alias di rumah guna menghindari penularan Covid-19 lebih meluas.

Namun bagi sebagian orang tua yang lain, belajar di rumah bersama anak-anak sangat menyenangkan, mereka bisa berkreasi dan berkarya bersama, dan memenuhi ruang imaginasi anak bersama bunda tercinta, dan bagi orang tua itu adalah moment terbaik bisa membersamai kemajuan belajar anaknya.

Berbekal materi dari sekolah, orang tua di rumah bisa diskusi dan terjadi hubungan yang jauh lebih hangat, apalagi bisa menguatkan  kemampuan agama lebih  dalam lagi. Sosok orang tua mampu menjadi penyemangat anak untuk belajar. Penanaman konsep ibadah bisa lebih mumpuni, karena orang tua adalah guru terbaik untuk anak-anaknya.

Namun, hubungan sekolah dan orangtua tetap harus terjalin dengan baik sekalipun pembelajaran dilakukan secara daring, komunikasi dua arah dituntut lebih baik agar tercipta harmonisasi antara sekolah dengan rumah. Jangan membuat kondisi pandemi ini menjadi buruk, seyogianya inilah saat dimana kita bisa mengenal sikap belajar putra-putri kita lebih baik lagi

Penulis: Diah Winarni, S.Kom (Didi Diah)
(Guru di Tangerang Banten)