APRINDO Tawarkan UMKM Kota Tangerang Kerjasama Hingga Keluar Negeri

APRINDO Tawarkan UMKM Kota Tangerang Kerjasama Hingga Keluar Negeri
Arief R Wismansyah Terima Kunjungan Perwakilan APRINDO di Ruang Rapat Walikota, Rabu (15/7). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI) akan melakukan penawaran kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terkait produk UMKM.

Upaya kerjasama itu dilakukan untuk membantu melebarkan sayap penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik pengusaha asli Kota Tangerang hingga sampai tembus keluar negeri (manca negara).

Kerjasama itu berfokus dalam pengembangan dan pelebaran promosi penjualan produk UMKM Kota Tangerang agar dapat naik kelas bahkan mampu mengekspor produknya hingga ke manca negara.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang menerima langsung kedatangan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) mengatakan, pengiriman ekspor produk UMKM tersebut akan difasilitasi melalui Kementerian Perdagagangan RI.

“Jadi nanti Kemendag melalui Aprindo dalam memfasilitasi produk UMKM kita yang dinilai siap ekspor yang rencananya ke Australia,” ucap Arief di Ruang Rapat Walikota, Rabu (15/7/2020).

“Sekarang kita siapkan dulu produk UMKM yang siap, rencananya memang Kota Tangerang diajukan untuk yang pertama,” lanjut Arief.

Sejauh ini beberapa produk UMKM yang dinilai telah siap untuk memasuki pasar global diantaranya Coklatin dan Jahe Merah Nusantara asli Kota Tangerang.

“Sudah siap, tapi kita masih akan bahas teknis perizinannya seperti apa karena banyak hal yang harus disiapkan saat produk akan dikirim keluar negeri,” jelasnya.

“Belum ada bicara targetnya sampai kapan tapi akan kita tindaklanjuti dengan menyaring beberapa produk lagi,” tukasnya.