Beranda Pendidikan Jajanan Baca Buku Gratis, Gerobak Pintar Pak Bahri untuk Warga

Jajanan Baca Buku Gratis, Gerobak Pintar Pak Bahri untuk Warga

745
BAGIKAN
Jajanan Baca Buku Gratis, Gerobak Pintar Pak Bahri untuk Warga
Ahmad Bahari dan Ratu Fitria Ambarwati berpose dengan anak-anak dan warga di Kp. Pengarengan RT 04 RW 01 Desa Pengarengan, Kec. Rajeg, Kab. Tangerang, Prov. Banten

TANGERANG, Pelitabanten.com – Pelbagai upaya kreatif untuk mengembangkan dan meningkatkan minat baca masyarakat telah dilakukan, selain pelayanan membaca buku secara gratis yang disediakan oleh para relawan literasi di masing-masing Taman Bacaan Masyarakat (TBM), kegiatan pun berkembang dengan adanya beragam aktifitas serta usaha-usaha kreatif untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di desa-desa di provinsi Banten.

Salah satunya adalah apa yang telah dilakukan oleh Ahmad Bahri, relawan literasi, pengelola TBM Bina Karya yang berlokasi di Kp. Pengarengan RT/RW 04/01 Ds. Pengarengan, Kec. Rajeg, Kab. Tangerang Prov. Banten. Merasa perlu lebih memaksimalkan pelayanannya terhadap masyarakat untuk lebih gemar membaca, laki-laki yang akrab disapa Bahri ini memodifikasi sebuah gerobak untuk kebutuhan menjajakan buku-buku bacaan yang ditata secara rapih. Maka jadilah gerobak Bahri diberi nama Gerobak Pintar.

Dengan gerobaknya, Bahri yang sehari-harinya berprofesi sebagai pemulung dan pedagang barang-barang rongsokan, menyusuri jalan-jalan desa dan tidak ketinggalan pula berhenti di depan sekolah-sekolah demi untuk menjajakan “Jajanan Baca Buku Gratis” bagi masyarakat dan anak-anak sekolah saat istirahat tiba. Tak jarang anak-anak pun antusias mengerumuni Gerobak Pintar untuk membaca buku yang tersedia atau sekedar membolak balik halaman buku yang bergambar penuh warna.

Sementara itu, Ratu Fitria Ambarwati, relawan literasi, yang juga konsultan bagi warga yang ingin membentuk TBM di lingkungan tempat tinggalnya sangat menghargai upaya Ahmad Bahri yang tanpa pamrih telah menyemai benih kecerdasan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. “Gerobak baca Pak Bahri adalah cara efektif untuk melayani masyarakat memperoleh bahan bacaan khususnya bagi warga masyarakat yang berada di kampung-kampung”, ungkapnya ketika diminta mengomentari upaya kreatif Ahmad Bahri oleh wartawan pelitabanten.com. Jumat (30/12/2016)

Pengelola TBM @Mall Carefour Kota Serang yang berada di bawah binaan Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal (BPPNF) Provinsi Banten ini, mengaku sangat kagum dengan upaya Bahri dengan gerobak pintarnya, “Mudah-mudahan cara Bapak Ahmad Bahri dari TBM Bina Karya yang dengan keahlian dan keterampilannya memodifikasi Gerobak Pintar dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi rekan-rekan pegiat literasi lain di Banten sehingga “Gerakan 1 Desa 1 TBM” yang telah digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten dapat terealisasi dengan sukses”, pungkas perempuan bertubuh sintal yang akrab disapa Fitri ini. (lengket)

BAGIKAN