Beranda Peristiwa Nasional Rano Karno Jalin Keakraban Bersama Komunitas Buku Si Doel

Rano Karno Jalin Keakraban Bersama Komunitas Buku Si Doel

781
Rano Karno Jalin Keakraban Bersama Komunitas Buku Si Doel
Rano Karno bersama anak muda yang tergabung dalam Komunitas Buku Si Doel pada acara Pekan Literasi Komunitas Buku Si Doel digelar di Kp. Cayur, Ds. Sindang Sono, Kec. Sindang Jaya, Kab. Tangerang. Kamis (29/12/2016)

SERANG, Pelitabanten.com – Setelah sukses peluncuran buku biografi Rano Karno: “Si Doel”, pada event Indonesia International Book Fair, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu, 2 Oktober 2016 lalu. Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Buku Si Doel yang sebagian besar terdiri dari pegiat literasi di Banten, menggelar kegiatan roadshow bertajuk “Pekan Literasi Komunitas Buku Si Doel”.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di 8 titik kab/ kota se-Provinsi Banten dan telah dimulai pada pekan pertama, 23 Desember 2016 lalu, di Desa Pontang Kec. Pontang Kab. Serang. Kegiatan yang digagas oleh Gol A Gong, pendiri Rumah Dunia dan disponsori oleh Gramedia selaku penerbit buku Rano Karno: “Si Doel”, menyelenggarakan beberapa agenda seperti Bedah Buku, Diskusi Leterasi, Apresiasi Leterasi dan lain-lain.

Ratu Fitria Ambarwati, salah satu pegiat literasi menjelaskan, “Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama bulan Desember 2016 hingga Januari 2017 mendatang. Diselenggarakan di 8 titik lokasi kab/ kota se-Banten. Dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan mengembangkan minat baca masyarakat”, paparnya.

Dan untuk kali kedua, Pekan Literasi Komunitas Buku Si Doel digelar di Kp. Cayur, Ds. Sindang Sono, Kec. Sindang Jaya, Kab. Tangerang. Dalam sambutannya, Rano Karno mengapresiasi kegiatan yang telah digagas oleh para relawan Pegiat Literasi Banten, “Saya sangat bangga dengan semangat anak-anak muda para pegiat literasi yang telah berupaya untuk membangkitkan dan mengembangkan minat baca masyarakat hingga ke desa-desa”, ungkapnya, Kamis, 29 Desember 2016.

Baca juga :  Bazda Lebak Berikan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga

Dalam kesempatan yang sama, Rano Karno berbagi kisah kenangan masa lalunya, yang diakuinya juga sangat gemar membaca. “Saya sejak kecil senang membaca. Saya sekolah di Strada di daerah Gunung Sari, Jakarta. Lima menit dari sekolah saya ada Balai Pustaka. Dari dulu semenjak pulang sekolah saya mampir di Balai Pustaka untuk membaca”, kisahnya.

Pada acara Minggu Kedua, Pekan Literasi Komunitas Buku Si Doel yang digawangi oleh dua anak muda pegiat literasi; Sonil dan Andri, meski dengan kondisi dan suasana yang cukup sederhana, namun semangat warga yang mengikuti acara tersebut membuat suami Dewi Indriati ini didaulat untuk bernyanyi membawakan lagu andalannya yang berjudul, “Bukalah Kacamatamu”.

Di akhir sesi acara, Rano Karno juga berkenan membubuhkan tanda tangannya di buku Si Doel yang telah dibeli oleh warga. Tampak bagaimana warga bersabar dan gembira menunggu agar buku yang dimilikinya mendapat tanda tangan dari penulisnya. Kesabaran tersebut seperti menyiratkan kesan bahwa warga sangat mencintai pemeran Si Doel dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” itu.

Seperti yang juga diungkapkan oleh Rano Karno dalam sambutannya, “Buku Si Doel yang saya tulis juga ini terinspirasi dari membaca buku-buku. Dan buku ini yang menyelamatkan saya untuk menyambung hidup”, kenangnya.

Baca juga :  Pasca Pengiriman Surat Suara, KPUD Tangerang Gencar Lakukan Sosialisasi

 

Baca juga :  Anggota DPRD Banten Ditangkap KPK,Terkait Dugaan Suap Pembentukkan Bank Daerah Banten