Beranda Budaya Pencak Silat Setia Hati Terate Utamakan Pendidikan Sopan Santun dan Persaudaraan

Pencak Silat Setia Hati Terate Utamakan Pendidikan Sopan Santun dan Persaudaraan

1237
Pencak Silat Setia Hati Terate Utamakan Pendidikan Sopan Santun dan Persaudaraan
Kegiatan pencak silat Setia Hati Terate di Kota Tangerang

TANGERANG, Pelitabanten.com – Pencak silat  Persaudaraan Setia Hati Terate  di bawah naungan sang pelatih Catur Sakti Priyono selaku Ketua Ranting Karang Tengah Kota Tangerang, berkumpul di dalam event peresmian lapangan futsal mawar di perumahan Ciledug Indah II pada Sabtu malam, (17/12/2016).

Pada kesempatan tersebut, sejumlah siswa Setia Hati Terate melebur bersama warga setempat untuk mengisi acara pentas seni dan budaya di atas panggung lapangan futsal mawar. Berseragam hitam, lengkap dengan sabuk kependekarannya siswa pencak silat Setia Hati Terate bersinergi satu irama dengan penampilan Hadroh yang dibawakan kaum ibu-ibu.

“Itu tadi aksi gerakan bersama, dibarengin dengan mengikuti seni irama hadroh dan marawis. Jadi, antara irama dan ketukan marawis dan hadroh menyatu dengan gerakan pencak silat Setia Hati Terate,” jelas Catur Sakti Priyono di Lapangan Futsal Mawar, perumahan Ciledug Indah II, Kota Tangerang, Sabtu (17/12/2016)

Siswa-siswi pencak silat Setia Hati Terate di ranting Karang Tengah terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA, bahkan hingga orang dewasa. Jumlah siswa Setia Hati Terate mencapai 35 siswa dan tingkat kependekaran sebanyak 30 siswa.

Baca juga :  Pemuda Batusari Giatkan Sastra dan Seni Budaya

Yang diajarkan di Setia Hati Terate adalah pencak silat dan seni, terutama untuk daya tahan fisik agar tubuh menjadi sehat. Lalu diajarkan juga kuda-kuda dan teknik pukulan. Selain itu, yang paling penting adalah diterapkannya pembelajaran sopan santun dan persaudaraan.

“Setia Hati Terate bertujuan untuk mendidik dan membentuk manusia berbudi luhur,tahu benar dan salah, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengajarkan kesetiaan pada hati sanubari sendiri serta mengutamakan persaudaraan antar warga (anggota) yang merupakan rumpun atau aliran Persaudaraan Setia Hati,” jelas Catur Sakti Priyono

Pelatih sekaligus ketua ranting Karang Tengah Catur Sakti Priyono mulai aktif melatih sejak tahun 2006 hingga sampai saat ini. Pada tahun 2009, Catur Sakti Priyono dilantik menjadi ketua ranting Karang Tengah.

Saat ini, siswa-siswi pencak silat Setia Hati Terate ranting Karang Tengah telah menyabet berbagai prestasi di wilayah Kota Tangerang pada kejuaraan pencak silat tingkat pelajar se-Tangerang Raya, yang diikuti dari berbagai organisasi pencak silat yang ada.