Inovasi Dimasa Pandemi, Warga Kelurahan Sukajadi Bentuk KSSH dan Koperasi

Inovasi Dimasa Pandemi, Warga Kelurahan Sukajadi Bentuk KSSH dan Koperasi
Peresmian Kampung Sehat Sinar Hati (KSSH) dan Koperasi Mitra Sukajadi Sejahtera Oleh Wali Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Wali Kota Arief R Wismansyah bersama Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah, meresmikan Kampung Sehat Sinar Hati (KSSH) dan Koperasi Mitra Sukajadi Sejahtera yang berlokasi di RT 02 RW 02, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Jum’at (10/7/2020).

Wali Kota mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), masyarakat tetap bisa berinovasi terhadap lingkungan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“KSSH ini bukti nyata komitmen bersama kerjasama dan gotong royong kita bahwa dengan membangun ini, selain kampung kita jadi sehat, diri kita sehat dan keluarga kita juga sehat,” papar Walikota.

Terbukti, hanya dalam kurun waktu tiga bulan, KSSH mampu membangun lingkungan yang tadinya merupakan lahan pasif menjadi lahan yang bermanfaat dan produktif untuk warga.

“Saya aja sampai pangling. Tadinya tempat sampah, kumuh jasa, sekarang sudah bisa ditanam sayuran,” imbuhnya.

Didalam KSSH terdapat pembibitan dari berbagai tanaman produktif serta ditebar juga 1.500 bibit ikan lele. Selain itu, dilakukan juga penyerahan secara simbolis pemberian pinjaman kepada anggota Koperasi Mitra Sukajadi Sejahtera dan penggiat usaha kecil.

“Mau buat apa nanti bu uangnya,” tanya Arief kepada salah satu penerima pinjaman koperasi.

“Dipakai untuk bangun usaha ya bu, supaya uangnya muter terus untuk kehidupan sehari-hari. Kalau perlu bahan-bahannya ngambil dari KWT aja nih,” sambungnya.

“Sekali lagi selamat, sekarang sudah punya taman dan kampung sehat berarti harus kita terus lestarikan kedepannya. Karena ini bukan buat kita tapi anak dan cucu kita nanti,” harap Arief.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Sukajadi, Aang Wahyudi menjelaskan, KSSH terbentuk dari semangat serta keinginan keras dari warga RT 02 RW 02 untuk membangun sarana dalam menyalurkan inovasi terhadap lingkungan.

“Dengan memanfaatkan lahan pasif yang pada awalnya adalah tempat pembuangan sampah dan kebun yang tidak terurus, Alhamdulillah Kampung Sehat Sinar Hati hari ini sudah diresmikan. Tentunya sebagai Ketua RW, saya berharap KSSH menjadi kampung ketahanan pangan dan ekonomi untuk warga RW 02,” ujar Aang.