Jadi Hobi Baru di Masa Pandemi, Peternak Ikan Cupang Harap Ekspor Dipermudah

Jadi Hobi Baru di Masa Pandemi, Peternak Ikan Cupang Harap Ekspor Dipermudah
Jenis Koi Yang Semakin Diburu Pecinta Ikan Cupang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com ikan hias jenis Cupang makin digemari di masa pandemi ini, sebagai teman bermain saat #diRumahSaja.

Ragam jenis cupang makin banyak dibudidaya di tanah air, jenis koi salahsatunya yang digemari dari awam hingga selebritis karena memiliki ragam jenis warna.

Hal ini diperkirakan terjadi karena  yang lebih banyak diam di saat masa Covid-19. Ketika berada di dalam rumah, orang-orang akan mencari kesibukan dengan kegiatan-kegiatan kecil. Dan bagi penghobi ikan cupang sudah pasti, selama berada di rumah diisi dengan kegiatan memelihara cupang.

Berawal dari hobi, ternyata mampu menghasilkan nilai rupiah yang tinggi. Bahkan di beberapa wilayah di tanah air pembudidaya ikan cupang mampu menembus pasar mancanegara.

Hikmat salahsatunya, seorang pembudidaya ikan Cupang asal Kota Tangerang mengatakan pernah menjual 1 ekor dengan harga jutaan rupiah.

Baca Juga:  Lirik Lagu All I Want - Kodaline dan Terjemahan

“Saya pernah menjual di pasar lokal ikan cupang jenis Gordon seharga 1,3 juta rupiah,” katanya.

Hikmat pun menambahkan di beberapa daerah di luar kota Tangerang sudah berhasil mengekspor ikan hasil ikan cupang di beberapa negara di Asia. Namun untuk di kota Tangerang masih belum ada dukungan pemerintah daerah setempat, untuk memudahkan kami mengurus perijinan dokumen ekspornya.

“Kita (komunitas ikan Cupang Kota Tangerang,-red) sudah sering dapat permintaan dari luar negeri, namun untuk pengirimannya pihak jasa pengiriman meminta dilengkapi dokumen-dokumen dari pemerintah, dan untuk mengurus ijinnya kami agak kesulitan,” ungkap Hikmat (35) pembudidaya asal Kampung Buaran Kota Tangerang.

Hikmat pun mengungkapkan dengan harga jual 500 ribu – 2 juta rupiah di pasar mancanegara, kwalitas ikan Cupang hasil peternak ikan di kota Tangerang masih diakui keunggulannya dan bersaing di pasar global.

Baca Juga:  Lirik Lagu Apa Kabar Mantan NDX A.K.A

“Kita sering jualan di instagram menampilkan live, pernah pas lelang ada yang berani borong minta dikirim ke Malaysia, juga pernah ada yang berani 1 pasang minta dikirim ke Thailand, karena ngurus dokumennya ribet kita cancel aja,” ungkapnya.

Dari 1 pasang ikan cupang, mampu berkembang biak hingga 500 ekor anak. Dan umumnya bila dijual di pasar lokal berkisar 25 ribu hingga 500 ribu rupiah per ekor, tergantung motif corak dan jenisnya.

Dengan adanya peluang seperti ini, Hikmat bersama Komunitas ikan Cupang Tangerang berharap adanya perhatian khusus dari untuk memberikan kemudahan dalam pengurusan Dokumen ijin eksor ikan Cupang hasil budidaya peternak Kota Tangerang.

-mudahan dinas terkait bisa membantu kami dalam proses ekspor ikan ke luar negeri.” harapnya.