Dampak Covid-19, Akabri 89 Baksos di Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 89 terus bergerak lakukan pengabdian TNI – Polri Akabri 89 dimasa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Para alumni Akabri ini terdiri dari matra Darat, Laut, Udara, dan Kepolisian melakukan bakti sosial (baksos) dengan memberikan paket sembako kepada keluarga kurang mampu serta para buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak Covid-19.

Secara simbolis, pemberian bantuan dilaksanakan di lapangan upacara Mapolresta Tangerang, Jumat (19/6/2020) usai pelaksanaan Apel Pengabdian TNI-Polri Akabri angkatan 89. Dihadiri Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi juga perangkat pemeritah daerah setempat.

Penyerahan simbolis ini dilakukan oleh Brigjen Pol Ermayudi yang berdinas di Badan Intelejen Negara (BIN), Kombes Pol Adang Ginanjar dari Mabes Polri, Kolonoel Nawa dari TNI Angkatan Udara (AU), Kolonel Ari Pitoyo dari TNI Angkatan Darat (AD), Kolonel Andhi dari TNI AU, dan Kombes Pol Yudi dari Polda Banten dan alumni Akabri 89.

Kemudian, bantuan bahan pangan berjumlah ratusan paket tersebut langsung disalurkan kepada yang berhak secara door to door ke kediaman penerima.

Perwakilan Akabri 89 Kolonel Ari Pitoyo mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk sinergisitas TNI – Polri. Kata dia, sinergisitas itu kemudian diaplikasikan dalam kepedulian sosial pemberian paket bantuan kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Ini merupakan pengabdian kami dalam kepedulian kondisi bangsa dan masyarakat saat ini,” kata Ari.

Dirinya berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat an semoga dapat meringankan beban masyarakat penerima. Ia juga meminta Akabri 89 dapat terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dapat terus menebar manfaat untuk sesama,” ujarnya.

Ari berpesan agar penerapan protokol kesehatan harus dijadikan sebagai kebiasaan baru dengan cara gunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Kami harap semua warga bersabar dengan pandemi ini. Semoga bantuan kecil ini dapat diterima dan dapat menggugah warga yang mampu untuk bertindak serupa, mendukung pemerintah mengatasi kesenjangan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” tutup Ari.

Senada dan berharap, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengapresiasi kegiatan sosial itu dan Ia berharap, kegiatan itu dapat menginspirasi berbagai kalangan untuk meningkatkan kepekaan sosial.

“Memasuki tatanan hidup baru ini masyarakat diharap jadikan protokol kesehatan sebagai pedoman. Saya sangat mengapresiasi wilayah ini menjadi perhatian Akabri 89, Semoga Akabri 89 sukses kariernya, bahagia keluarganya, dan mendapat perlindungan dari Allah SWT,” kata Ade.

Sebagai informasi, aksi baksos Akabri 89 ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar alumninya diseluruh Indonesia di tempat tugas para alumni Akabri 89.