Dengan Protokol Ketat, Pelayanan Kantor Imigrasi I Tangerang Kembali Dibuka

Dengan Protokol Ketat, Pelayanan Kantor Imigrasi I Tangerang Kembali Dibuka
Pelayanan Kantor Imigrasi I Tangerang Kembali Dibuka Pasca Ditutup Selama PSBB Tangerang Raya. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Meski masih dalam perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Tangerang Raya. Kantor pelayanan Imigrasi kelas I Non TPI Tangerang sudah kembali dibuka bagi masyarakat dengan mengacu kepada tatanan kenormalan baru (New Normal) penerapan ketat protokol kesehatan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Kepala Kantor Imigrasi I Non TPI Tangerang Felucia Sengky Ratna mengatakan pelayanan terlebih dahulu dilakukan melalui aplikasi Apapo. Untuk pendaftaran mulai dibuka setiap hari Jumat Pukul 14.00 untuk kuota 1 minggu kedepan.

Saat masyarakat datang untuk foto dan wawancara, Penerapan jaga jarak ketika dikantor imigrasi tersebut juga diterapkan dengan memberikan tanda silang di setiap kursi tunggu.

“Aplikasi dapat diunduh melalui App Store dan Play Store. Untuk pembatasan jumlah pemohon sebanyak 50 persen dari kuota normal,” terangnya.

Penerapan protokol kesehata dengan menditeksi suhu tubuh setiap warga pemohon yang datang dengan thermo gun juga dilakukan. Kemudian, mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan.
Secara ketat, petugas pelayanan juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker, face shield serta sarung tangan karet.

“Pemohon dengan suhu tubuh 37 derajat celcius atau lebih tidak diperkenankan untuk masuk. Dalam hal ini kami ikuti anjuran pemerintah, dalam upaya memotong matarantai penyebaran covid-19,” terangnya kepada wartawan, Senin (15/6/2020).

Selain itu, untuk lebih aman kata Felucia, di setiap meja pelayanan juga terpasang kaca mika yang membatasi antara petugas dan pemohon. Hal itu dalam upaya mencegah penyebaran virus melalui droplet.

Disisi lain saat Pelitabanten.com mementau secara langsung dan menemui salah seorang pemohon menuturkan bahwa pelayanan yang diberikan kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang di masa pandemi saat ini sangat optimal. Meski diakui sempat ada penundaan pelayanan, namun kini sangat responsif dan menjalankan penuh protokol kesehatan.

“Saya mendaftar melalui daring, dan hari ini melakukan tahapan foto. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, meski di tengah penerapan PSBB dan pandemi namun pelayanan sangat maksimal,” kata M. Nabil yang saat itu mengaku tengah mengurus paspor untuk tujuan ke Negara Singapura.