Mahasiswa UMB Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya dan Penanganan Covid-19

Mahasiswa UMB Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya dan Penanganan Covid-19
Manfaatkan Media Sosial (Medsos) Mahasiswa UMB Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya dan Penanganan Covid-19. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Pelitabanten.com — Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat tentang pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), melalui program Mata Kuliah Peduli Negeri.

Diketahui Sejak 10 April 2020 silam, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah di berlakukan di Jakarta dan berbagai daerah demi memaksimalkan penekanan jumlah penularan Covid-19.

Salah satu bentuk kepedulian tersebut dengan memanfaatkan media sosial (Medsos) yang menyajikan infografis tentang Covid-19 melalui postingan di instagram @infografiscovid19.

Dikatakan Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri, Ridho Azlam Ambo Asse. Hal ini dilakukan bertujuan membantu pemerintah dalam memberantas hoax yang beredar di masyarakat tentang Covid-19.

“Metode yang dilakukan ialah membagikan informasi lewat instagram oleh mahasiswa, ini untuk menggantian kegiatan yang sebelumnya terjun langsung ke lapangan,dirubah menjadi daring,” terang Ridho.

Ia menjelaskan untuk konten yang akan diunggah dibuat oleh para mahasiswa KPN broadcasting yang telah dibagi ke sejumlah kelompok. Salah satu kelompok tersebut yakni terdiri dari Shafa, Arjun, Rizqi ,Adi , Ghazy, dan Amel.

Baca Juga:  Sumadi Seng: Gotong Royong Percepat Indonesia Atasi Covid-19

Seperti dikatakan, Shafa Sawitri beberapa konten yang kelompoknya buat berisi tentang tentang bahaya dan bagaimana seharusnya penanganan Covid-19 sesuai protokol kesehatan.

“Kami selalu berupaya maksimal membuat konten infografis tentang bahaya dan penangangan covid-19 sesuai anjuran pemerintah, ini bertujuan membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi serta perkembangan covid-19 sekaligus membantu pemerintah memberantas hoax yang beredar di masyarakat,” ucap Dia yang juga merupakan ketua kelompok.

Shafa menjelaskan, Infografis yang diberikan antara lain fakta atau mitos virus corona, membedakan batuk biasa dengan batuk yang bergejala covid, hingga protokol mengurus jenazah yang terinfeksi covid.

Proses produksi konten kelompok infografis audio visual KPN mahasiswa broadcasting Universitas Mercubuana ini juga dilakukan #diRumahAja dengan menaati aturan PSBB.

“Setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan memproduksi konten audio visual nya secara mandiri dengan di koordinasi dan editing melalui media daring,”terangnya.

Baca Juga:  Kampung Tangguh Polres Metro Tangerang Kota, Minimalisir Sebaran Covid-19

Sebagai informasi Instagram @infografiscovid19 mempublikasikan 6 postingan feeds, 1 IGTV, dan 1 postingan instastory setiap minggu nya. Infografis covid ini dapat dilihat di
https://www.instagram.com/infografiscovid19/