Manfaat Ampas Teh Bagi Kecantikan

Manfaat Ampas Teh Bagi Kecantikan
Ilustrasi (Foto: Rudy and Peter Skitterians @Pixabay)

Pelitabanten.com – Teh adalah salah satu minuman favorit banyak orang. Biasanya setelah diminum, ampas dari teh tersebut dibuang begitu saja. Padahal ampas teh dapat dimanfaatkan sebagai alternatif kecantikan wajah maupun kulit. Nah, untuk yang belum tahu apa saja manfaat dari ampas teh bagi kecantikan, simak penjelasan berikut ini.

Menghilangkan Mata Panda

Bagi banyak orang mata panda dapat menganggu penampilan, apalagi jika kondisinya cukup parah. Mata panda dapat disebabkan oleh kurangnya jam tidur atau sering begadang.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda dapat dilakukan dengan cara memasukan kantong teh bekas atau ampas dari teh ke dalam air dingin lalu kompres ke area mata panda selama 10-15 menit, untuk hasil yang maksimal dapat dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

Alternatif Masker Wajah

Ampas teh mengandung antioksidan dan antipenuaan, serta membersihkan kulit wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah.

Caranya ialah ampas teh dicampur dengan minyak zaitun secukupnya, lalu aduk sampai tercampur. Setelah itu, oleskan ke wajah secara merata. Tunggu hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Mengatasi Jerawat

Secara umum ampas teh memiliki kandungan antimikroba dan antiperadangan, yang dapat membasmi masalah kulit yakni jerawat. Ampas teh juga mengandung senyawa polifenol yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

Cara membasmi jerawat menggunakan ampas teh cukup mudah yakni oleskan ampas teh ke area yang berjerawat, biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan selama dua kali dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Melembabkan Kulit Wajah

Ampas teh kaya akan berbagai vitamin, salah satunya ialah vitamin E. Vitamin E diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit.

Caranya cukup mudah, hanya mencampurkan ampas teh dengan sedikit air. Lalu, oleskan ke seluruh wajah dan tunggu 5-10 menit. Bisa dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

Mengobati Bisul

Bisul sering muncul di area wajah, oleh karenanya untuk mengobati bisul tersebut dapat diobati dengan cara kompres ampas teh menggunakan kapas atau tisu di area bisul, dan tunggu hingga kering. Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga bisul kempes dan mengering, karena ampas teh  mengandung antimikroba dan antiperadangan sehingga cocok untuk mengobati bisul.

Itulah manfaat ampas teh bagi kecantikan. Mulai sekarang ampas tehnya jangan buru-buru dibuang, manfaatnya baik untuk kecantikan.

AssyifaPenulis: Assyifa
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)