Dapur Umum di Pinang, Menjawab Keluhan Warga Tak Kunjung Terima Bansos

Dapur Umum di Pinang, Menjawab Keluhan Warga Tak Kunjung Terima Bansos
Penyaluran Makanan Siap Saji Dapur Umum ke Warga di RT 06 RW 02 Kelurahan Pinang Kota Tangerang. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Menjawab berbagai pertanyaan masyarakat terkait Bantuan Sosial (Bansos) dampak Covid-19 baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah yang tak kunjung diterima warga di kelurahan Pinang Kota Tangerang.

Dibantu 3 Pilar (TNI-Polri dan Pemerintah Daerah) berbagai organisasi seperti PMI, KNPI, LPM dan Remaja Masjid berinisiasi mendirikan Dapur Umum.

Mereka setiap harinya menyiapkan makanan cepat saji yang langsung didistribusikan bagi warga pendatang penghuni rumah-rumah kontrakan terdampak sulitnya ekonomi akibat pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Dapur Umum Kelurahan Pinang. Foto Pelitabanten.com

Diungkapkan salah satu penggiat dapur umum tersebut Mumu Rohimu kepada Pelitabanten.com bahwa kegiatan dapur umum ini merupakan inisiatif berbagai elemen masyarakat yang perduli terhadap penghuni kontrakan yang memiliki kesulitan saat ini.

“Ini merupakan bentuk kepedulian semua dalam meringankan beban warga khususnya penghuni rumah-rumah kontrakan yang ada di wilayah Kelurahan Pinang,”kata Mumu yang juga merupakan ketua PMI Kecamatan Pinang tersebut di Lokasi Dapur Umum Kelurahan Pinang, Rabu (3/6/2020).

Ia berharap masyarakat tidak lagi menanyakan kapan bansos yang dijanjikan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah diterima.

Menurutnya saat ini yang terpenting adalah bagaimana dapat saling membantu sesama, semua bantuan diterima melalui mekanisme yang ada. Jika waktunya nanti masyarakat pasti akan menerima bansos yang sudah dijanjikan sesuai pendataan yang sudah dilakukan pemerintah.

Berkesempatan mengikuti Tim Dapur Umum mendistribusikan makanan siap saji tersebut kepada ketua Rukun Tetangga (RT) untuk langsung disampaikan kepada para penghuni kontrakan-kontrakan.

Seperti di RT 06 RW 02 Kelurahan Pinang, Diakui Ketua RT Syarif Hidayat, dilingkungannya sampai dengan saat ini belum menerima bantuan baik berupa sembako atau BLT (Bantuan Langsung Tunai) Rp.600ribu.

“Bantuan baru dari lumbung warga saja, itupun terbatas, dengan adanya bantuan Dapur Umum, Alhamdulillah langsung diterima warga yang tinggal di kontrakan-kontrakan, sesuai intruksi dari Dapur Umumnya,”ungkapnya.

“Sudah 3 kali PSBB bantuan pusat atau daerah disini belum juga menerima,”katanya.

Syarif berharap bantuan terhadap warga terdampak covid-19 baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota tangerang dapat segera tersalurkan agar tidak ada lagi keluhan atau teriakan warga terhadap pihaknya.

“Semoga bantuan yang dijanjikan pemerintah dapat segera tersampaikan kepada yang berhak, dan masyarakat sudah menunggu,”tukasnya.

Sebagai informasi dapur umum kelurahan Pinang didirikan sejak Selasa, (5/6) kemarin, dalam satu hari bisa menyiapkan 350 hingga 400 bungkus nasi yang didistribusikan sebanyak 50 bungkus ke setiap RTnya.