1.700 Jemaah Haji Kota Tangerang Dipastikan Gagal Berangkat

1.700 Jemaah Haji Kota Tangerang Dipastikan Gagal Berangkat
H.Badri Hasun, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Menteri Agama Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi secara resmi mengumumkan tidak memberangkatkan jamaah haji asal Indonesia di tahun 1441 Hijriah ini.

Terkait hal tersebut Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang juga menyampaikan bahwa sebanyak 1.700 calon jemaah haji asal Kota Tangerang dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada tahun 2020 ini

“Jumlahnya ada 1.700 calon haji yang ditunda keberangkatannya,” kata Badri Hasun, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang, kepada Pelitabanten.com saat ditemui Selasa, (2/6/2020).

Badri menjelaskan terkait informasi penundaan tersebut pihaknya akan melakukan koordinasi dan akan menyampaikan keseluruh calon jemaah haji asal Kota Tangerang, untuk teknisnya akan dibahas terlebih dahulu.

“Kami berharap umat Islam dapat menyadari, karena kerajaan Arab Saudi tidak membuka. Dan kami yakin niat umat muslim di Kota Tangerang sudah dicatat sebagai amal saleh,” ucapnya.

Dia menuturkan semua calon jemaah haji asal Kota Tangerang sudah menyelesaikan administrasi dan bahkan sebagian sudah menyelesaikan vaksin meningitis.

“Seharusnya memang saat ini para calon tamu Allah akan mengikuti pelatihan manasik haji, namun berhubung ditunda keberangkatannya maka ditiadakan,” katanya.

Dia meyakini para calon jemaah haji tersebut menyadari bahwa keputusan pemerintah yang meniadakan keberangkatan karena kasus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) belum selesai adalah suatu langkah yang tepat.

“Kalau kemudian tetap diberangkatkan khawatir akan meninggal. Ya buat apa berangkat haji tapi menantang maut,” pungkasnya.