Bercocok Tanam ditengah Pandemi Covid19

Bercocok Tanam ditengah Pandemi Covid19
Ilustrasi. (Ist)

Pelitabanten.com – Ditengah pandemi Covid19, dimana kita diharuskan di rumah saja agar tidak tertular atau menularkan. Tentunya kita merasa bosan jika dirumah tidak diisi dengan kegiatan-kegiatan. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dirumah saat pandemi seperti ini salah satunya yakni bercocok tanam.

Bercocok tanam adalah kegiatan mengusahakan sebuah lahan untuk di tanam dan digarap sampai menghasilkan panen. bercocok tanam biasanya di lakukan di sebuah lahan yang luas di sekitar penduduk desa, di era sekarang bercocok tanam bisa dilakukan tanpa memerlukan lahan yang luas. Yaitu bercocok tanam dengan teknik Vertikultur. Vertikultur adalah teknik bercocok tanam di ruang sempit dengan memanfaatkan bidang vertical sebagai tempat bercocok tanam yang di lakukan secara bertingkat. Hal demikian bisa dilakukan di halaman rumah. Adapun langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Siapkan pipa paralon yang berdiameter sekitar 4 cm.
  2. Beri beberapa lubang untuk menyimpan bibit tanaman yang sudah disemai.
  3. Beri sedikit semen di bagian bawah pipa dan lengkapi dengan wadah berupa pot atau kaleng.

Media tanam pada teknik Vertikultur dapat berupa Tanah, Kompos dan Sekam. Media tanam tersebut diletakan didalam paralon pastikan memenuhi bagian pipa paralon, kemudian simpan bibit tanaman pada setiap lubang paralon. Bibit tanaman yang bisa kita gunakan pada teknik Vertikultur ini bisa berupa Kangkung, Seledri, Sawi, Tomat, Pakcoi dll.

Kalian bisa membeli bibit tanpa harus keluar rumah karena bibit tersebut tidak sulit didapatkan, banyak yang menjual di online shop. Jadi kita akan merasa aman dan membuat rumah kita lebih hijau. Pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung. Karena jika tidak tanaman tidak bisa berfotosintesis dengan sempurna. Tanaman menjadi kurus dan cepat mati. Jangan lupa menyiram air, biasanya 2x sehari dipagi hari dan sore hari.

Penulis: Nesti Yuningsih
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)