Bahan Alami Untuk Tetap Cantik Dan Sehat Dimasa Pandemi Covid-19

Bahan Alami Untuk Tetap Cantik Dan Sehat Dimasa Pandemi Covid-19
Lidah Buaya (Foto: [email protected])

Pelitabanten.com – Pada masa pandemi covid-19 ini mari sama sama lakukan hal yang bisa kita lakukan dirumah tanpa harus pergi keluar. Mari bantu tenaga medis sebagai garda terdepan untuk memutus mata rantai Covid-19.

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman berduri dan hijau ini? tanaman ini dapat ditemukan dimanapun, termasuk dirumah saya. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dikenal dengan manfaatnya yang dasyat untuk kesehatan dan kecantikan. Wajar bila tanaman ini sekarang sering kali kita jumpai dalam bentuk tanaman dan dalam bentuk produk kecantikan. Tanaman ini tidak hanya dapat mengatasi berbagai penyakit, melainkan tanaman ini mampu menyelesaikan masalah wajah dan juga mampu mengatasi masalah pada rambut.

Lidah buaya sangat kaya akan nutrisi, lidah buaya juga banyak mengandung mneral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti vitamin A, E, C, Kalsium, Magnesium, Kalium, Zat besi dan lain sebagainya. Dalam lidah buaya juga terdapat asam amino yang bekerja untuk kesehatan rambut salah satunya. Pada tanaman ini banyak mengandung adar air sehingga mampu dijadikan sebagai bahan kecantikan alami.

Berikut manfaat lidah buaya pada kesehatan rambut:

1. Mencegah rambut rontok
2. Mengatasi rambut berketombe
3. Merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih lebat dan hitam
4. Mengatasi kulit kepala yang berminyak
5. Dan dapat menutrisi alis dan bulu mata

Bagaimana sih cara menggunakan lidah buaya pada rambut?

Caranya sebagai berikut :

1. Siapkan lidah buaya berukuran sedang minimal 2-3 lembar
2. Kupas dan pisahkan antara kulit dan dagingnya
3. Hancurkan dagingnya sampai halus
4. Setelah halus dan terlihat seperti gel, aplikasikan gel tersebut diseluruh kepada hingga
kulit kepala. Pijit pelan hingga gel merata
5. Jika perlu silahkan tutup kepala menggunakan handuk bersih
6. Diamkan selama 15-30 menit
7. Lalu bilas hingga tidak ada sedikitpun yang tersisa
8. Lakukan hal tersebut 2 kali dalam seminggu

Berikut manfaat lidah buaya untuk kecantikan :

1. Melembabkan kulit
2. Mengatasi kulit yang luka
3. Menghaluskan permukaan kulit wajah
4. Membantu meredakan radang akibat paparan sinar matahari

Setelah kita mengetahui manfaat lidah buaya bagi kesehatan, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara lidah buaya bekerja dalam mengurus masalah pada wajah sesuai tipe kulit wajah, berikut manfaatnya :

1. Kulit sensitif

Perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dengan lidah buaya, maka dari itu kita perlu mengenali tipe wajah dan kulit kita sejak munculnya masalah diwajah. Pada kulit sensitif biasanya ketidak cocokan produk dapat dilihat pada saat pemakaian produk terdapat kemerahan dan rasa perih hingga gatal pada tempat yang kita aplikasikan produk tersebut. Sehingga langkah cepat yang harus di ambil adalah segera bilas produk dan jangan gunakan produk itu lagi.

2. Kulit normal

Kulit normal merupakan kulit yang diidamkan oleh banyak orang, karena pada dasarnya kulit ini jarang sekali bahkan hampir ada masalah yang bermunculan diwajah berbeda dengan tipe kulit lain nya. Biasanya lidah buaya pada kulit normal digunakan untuk mencegah kekusaman wajah, penuaan dini dan jerawat.

3. Kulit berminyak

Perlu diketahui pada tipe kulit berminyak sering kali timbul masalah, karena kulit berminyak sering kali terjadi dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah diwajah seperti jerawat. Pada tipe kulit ini cara penggunaan lidah buaya sebagai berikut :

a. Siapkan 1 lembar lidah buaya
b. Pisahkan antara kulit dan dagingnya
c. Hancurkan bagian daging hingga berupa gel
d. Setelah itu oleskan gel tersebut, dan diamkan selama 10-15 menit
e. Setelah kering, bilas dengan menggunakan air bersih

4. Kulit kering

Pada tipe kulit ini perlu sekali menggunakan berbagai pelembab untuk melembabkan kulit. Biasanya lidah buaya sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah kulit ini sehingga dapat melembabkan kulit seperti kulit normal.

Perawatan alami ini sangat bisa dirasakan manfaatnya jika anda rutin dan konsisten melakukan nya. Semoga karantina anda menyenangkan, cantik gaperlu ke salon cukup dirumah saja dan memanfaatkan bahan yang ada. Yuk sama-sama bantu tenaga medis untuk memutus mata rantai covid-19 dengan #dirumahsaja.

Lutfi AndrianiPenulis: Lutfi Andriani
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)