Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Pentingnya Menjaga Mata Manusia
Ilustrasi (Foto: Pexels@Pixabay)

Pelitabanten.com – Mata atau sistem fotoreseptor yaitu suatu organ yang fotosintesis sangat rumit dan berkembang, yang menganalisa bentuk, intensitas, dan warna cahaya yang dipantulkan objek dan menimbulkan sensasi penglihatan. Mata terletak pada struktur bertulang yang protektif di tengkorak, yaitu rongga orbita, yang mengandung bantalan adiposa.

Mata terdiri dari tiga lapisan yaitu,

  • Lapisan luar fibrosa yang terdiri dari sklera dan kornea
  • Lapisan tengah vascular yang terdiri atas koroid, badan siliar, dan iris
  • Lapisan sensorik internal yaitu retina yang terdiri atas epitel pigmen diluar dan lapisan retina sebenernya ada didalam

Pada lapisan internal retina yang fotosensitif berhubungan dengan cerebrum melelui nervus opticus di sisi posterior mata, sisi arteriornya disebut dengan ora serrata.

Pada mata terdapat lensa, iris, dan bilik vitreus.

  1. Lensa yaitu struktur transparan bikonveks yang ditahan pada tempatnya oleh serabut zonula.
  2. Iris merupakan struktur perluasan lapisan tengah berpigmen yang menutupi permukaan anteriorlensa, lubang ditengah iris disebut dengan pupil
  3. Bilik vitreus merupakan struktur yang berisi massa jaringan ikat gelatinosa transparan yang disebut dengan corpus vitreum atau badan kaca.

Mata memiliki dua rongga yang berisi cairan yang bernama humor aquosa yaitu pada bilik anterior dan bilik posterior yang saling berhubungan.

Organogenesis pada mata, yaitu pembentukan mata dimulai dengan penebalan endokderm yang disebut dengan plakoda lentis sekitar pada hari ke 22 dalam kandungan, pada embrio awal terdapat yang tonjolan dari otak depan dinamakan dengan vesikel optic epithelial yang memanjang dan membentuk tangkai optic yang membawa mangkuk optik, akibat interaksi dengan mangkuk optic, ectoderm berinvaginasi dan terlepas di kedua sisi membentuk vesikel lensa, pada mesenkim berdiferensiasi membentuk jaringan pada ketiga lapisan mata dan corpus vitreum dengan endokderm yaitu mangkuk optic membentuk retina dan tangkai optic membentuk nervus optikus, epitel permukaan membentuk kornea.

Pada mata terdapat sel Batang, pada sel ini terdapat 120 juta sel, peka terhadap cahaya, bahkan cahaya yang rendah, segmen dalam memiliki perangkat metabolic untuk pemprosesan biosintesis dan menghasilkan energy sel, segmen luar bersifat fotosensitif yang berbentik batang terdiri dari 6000-1000 cakram pipih yang dikelilingi oleh membrane plasma, setiap harinya diproduksi sekitar 90 cakram dan 90 cakram difagositosis oleh sel epitel berpigmen, dan sel batang memiliki pigmen visual rhodopsin ( ungu)

Terdapat juga sel Kerucut yang terdapat 6 sampai 7 juta sel didalamnya, kurang sensitive terhadap gelap dan dikhususkan untuk penglihatan warna pada cahaya terang, juga memiliki pigmen visul iodopsin yang terdapat 3 jenis sel yang berbeda yang tidak bisa dibedakan secara morfologi yang masing-masing memiliki sensitivitas maksimal diarea merah, biru, atau hijau dari spectrum cahaya tampak, segmen luarnya lebih pendek dan berbentuk lancip, cakram berupa invaginasi membrane plasma.

Pentingnya menjaga mata? Karena mata merupakan panca  indera yang sangat penting dan harus kita jaga, kenapa? Karena tanpa mata kita tidak bisa melihat apapun yang ada di dunia dan juga tidak bisa melakukan apapun, maka dari itu kita harus menjaga mata kita. Mata yang sehat akan merasakan rangsangan dari luar berupa cahaya maupun rangsangan lainya. Makanan yang baik untuk kesehatan mata, kita semua tahu bahwa apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada makanan juga dapat memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan mata, makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata yaitu termasuk mineral dan antioksidan yang tidak hanya menurunkan resiko terkena katarak dan degenerasi macula tetapi juga meningkatkan indera penglihatan. Makanan yang baik utuk mata karena yang mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai vitamin yaitu seperti vitamin A, C, dan E. Berikut beberapa makanan pilihan yang sehat untuk kesehatan mata kita yaitu sebagai berikut:

  • Wortel ( memiliki kandungan beta karoten yang sangat tinggi)
  • Brokoli atau parika ( makanan ini diperkaya dengan vitamin C )
  • Bayam dan sayuran hijau tua ( sayuran ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan)
  • Makanan laut ( makanan ini sangat tekenal sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik, dan juga membantu untuk menurunkan kolesterol)
  • Jagung ( makan yang baik untuk menjaga kesehatan mata)
  • Telur ( banyak mengamdung protein, vitamin E, Iutein, dan omega 3)
  • Jeruk ( salah satu sumber buah buahan terbaik yang banyak mengandung vitamin C )
  • Bueberry ( buah yang dapat memberikan antioksidan)
  • Kentang ( mengandung beta karoten dan banyak vitamin lainnya)
  • Biji-bijian
  • Kacang – kacangan
  • Daging

NurhasanahPenulis: Nurhasanah
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)