Memahami Dan Cara Mencegah Pandemi Covid-19

Memahami Dan Cara Mencegah Pandemi Covid-19
Ilustrasi (Foto: [email protected])

Pelitabanten.com – Pengertian Covid-19 Mengutip dari World Health Organization( WHO) Covid 19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru ditemukan.Corona virus merupakan keluarga besar virus yang dapat menyerang manusia dan hewan. Corona merupakan nama virusnya, sedangkan Covid-19 merupakan penyakitnya.Covid-19 merupakan corona virus jenis baru yang ditemukan pada manusia di daerah Wuhan,Provinsi Hubei,China pada Desember 2019. Kepala WHO, Tedros menjelaskan Covid-19 merupakan singkatan dari ‘Co’ artinya Corona, ‘Vi’ untuk Virus, dan’D’ untuk penyakit(disease). Virus Corona masih satu keluarga dengan SARS dan MERS.

Gejala Covid-19

Gejala umum yang ditimbulkan dapat berupa demam, kelelahan,batuk , sesak napas,sakit tenggorokan, mual, pilek, diare(tidak selalu). Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, orang yang menunjukkan gejala demam,batuk, dan kesulitan bernapas harus dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan medis.

Situasi Covid-19 pada tanggal 27 Mei 2020

Global Jumlah Indonesia Jumlah
Negara/Kawasan 217 Positif 24538
Kasus Terkonfirmasi          5491678 Sembuh 6240
Kematian 349190 Meninggal 1496

Sumber : https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Transmisi SARS-CoV

  1. MERS-CoV

Pertamakali teridentifikasi di Saudi Arabia pada tahun 2012. Lebih dari 800 nyawa terbunuh pada wabah ini. MERS berasal dari hewan unta ke manusia.

  1. SARS-CoV

Terjadi pada tahun 2002, pertamakali menginfeksi manusia tahun 2003. Membunuh sekitar 650 orang di China/Hongkong pada tahun 2002-2003. Berasal dari kelelawar lalu menyebar ke musang, kucing dan manusia.

  1. 2019-nCoV

Pertamakali teridentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan, China. Ribuan kasus terdeteksi di China, beberapa kasus terdeteksi di Jepang, Thailand, dan Korea Selatan. Pasar seafood di Wuhan merupakan pusat penyebaran wabah yang dikonfirmasi oleh otoritas China.

Tiga Strain SARS CoV2

Strain A merupakan akar dari virus corona saat ini yang ditemukan di kelelawar dan trenggiling. Mutasi A banyak ditemukan oleh peneliti Amerika Serikat, Australia dan beberapa wilayah di China.

Sementara di Wuhan dan Kawasan Asia Timur yang lain peneliti paling banyak menemukan jenis B yang berasal dari A termutasi, jenis B dapat ditemukan di Inggris, Swiss, Jerman, Belgia dan Belanda.

Virus C merupakan turunan dari virus B di Eropa seperti Prancis, Italia Swedia dan Inggris. Singapura, Hongkong, dan Korea Selatan juga ditemukan virus ini.

Upaya Pencegahan Covid-19

  1. Hindari kerumunan
  2. Cuci tangan sesering mungkin
  3. Tetap berdiam di rumah ketika sakit
  4. Tutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin
  5. Bersihkan permukaan benda yang sering tersentuh.

Demikian penjelasan mengenai Covid-19 semoga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.

Asa NudiyaPenulis: Asa Nudiya
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)