Khasiat Dan Manfaat Dari Kulit Pisang

Khasiat Dan Manfaat Dari Kulit Pisang
Ilustrasi (Foto: Pete Linforth@Pixabay)

Pelitabanten.com – Pisang merupakan salah satu buah yang selalu digemari oleh semua kalangan, khususnya di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, pisang juga memiliki kandungan lain yang ada didalamnya yaitu kaya akan serat, tinggi protein, vitamin A, B66, C, mangan potasium, riboflavin, folat, niasin, dan zat besi. Pertumbuhan pisang di Indonesia bisa dikatakan sangat berkembang, karena disetiap daerah pasti memiliki pohon ini. Bahkan di daerah Lampung, pisang menjadi makanan khas atau oleh-oleh yang wajib untuk dicicipi dengan berbagai varian khusus yang telah di modifikasi menjadi makanan yang menarik. Setelah memakan pisang, masyarakat biasanya percaya bahwa hal tersebut dapat melancarkan pencernaan. Tidak banyak orang tahu bahwa kulit pisang pun memiliki khasiat khusus, karena hal tersebut Masyarakat selalu membuangnya. Ada beberapa khasiat dari kulit pisang itu sendiri, diantaranya:

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Selain buah pisang itu sendiri, ternyata kulit pisang pun bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, dengan cara memblender pisang beserta kulit pisang ataupun memakan bagian dalam kulit pisang.

  1. Memutihkan Gigi

Kulit pisang memiliki potasium yang dapat memutihkan gigi, caranya cukup digosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi lalu diamkan selama 1-2 menit dan bilang dengan sikat gigi.

  1. Mengatasi Jerawat

Cukup dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada wajah berjerawat dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih, untuk hasil maksimal maka dilakukan secara rutin.

  1. Mencerahkan Wajah

Kulit pisang bisa membuat wajah lebih bersinar, dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada wajah dan diamkan selama 10-menit, jika ingin maksimal maka lakukan hal ini setiap hari dan dipakai sebelum tidur, kemudian diamkan semalaman selanjutnya bilas dengan air hangat.

  1. Menghilangkan Mata Panda

Kulit pisang bagian dalam bisa diambil dan dicampurkan dengan aloevera kemudian aduk rata dan pakai pada bagian mata panda, Diamkan selama 15 menit selajutnya bilas bersih

  1. Menyehatkan Kulit dan Mengurangi Kerutan

Kulit pisang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi kerutan di kulit, cukup digosokkan kulit pisang bagian dalam dan diamkan sampai zatnya lengket selanjutnya cuci bersih. Membuat kulit lembab bisa dengan cara menumbuk kulit pisang menjadi pasta dicampur dengan kuning telur, aduk rata kemudian aplikasikan pada bagian kulit yang diinginkan, setelah itu cuci bersih. Hal ini  dapat berlaku untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

Penulis: Adelia Putri
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)