Budidaya Lalapan Daun Kemangi Yang Memiliki Banyak Manfaat

Budidaya Lalapan Daun Kemangi Yang Memiliki Banyak Manfaat
Daun Kemangi Yang Memiliki Banyak Manfaat (Foto: Siti Sumiati Solihat/dok)

Pelitabanten.com – Tumbuhan dengan nama latin Ocimum basilicum L ini memiliki aroma yang khas dan daunnya pun sering di sajikan sebagai lalapan bersama timun dan kol. Namun, masih banyak yang mengira bahwa daun kemangi tidak terlalu penting. Oleh sebab itu, perlu kita ketahui bahwa di balik aromanya yang khas dan kebutuhan daun kemangi yang sering di sajikan sebagai lalapan ini, ternyata mempunyai banyak manfaat dan nilai gizi yang berguna untuk tubuh kita. Berikut manfaat dari kemangi:

  • Dapat dikonsumsi Bagian daun kemangi sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai lalapan, selain menambah cita rasa pada makanan, kemangi dipercaya ampuh untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.
  • Mampu mengurangi bau badan
    Aroma pada daun kemangi yang khas dapat menetralisir bau mulut dan bau badan.
  • Mengurangi diabetes
    Mengkonsumsi kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ramuan daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.
  • Penangkal nyamuk
    Kemangi memiliki aroma yang sangat aromatik cocok untuk dijadikan minyak pijat. Selain itu, bau yang dimiliki kemangi tidak disenangi nyamuk. Selain, manfaatnya yang sangat banyak kemangi juga merupakan tumbuhan yang tergolong mudah untuk dibudidayakan.

Berikut cara budidaya kemangi di rumah:

1. Pemilihan benih

Benih kemangi dapat diperoleh dari tanaman yang telah tua dan diperoileh dari bunga kemangi yang telah matang dari pohonnya. Biji kemangi yang telah siap untuk digunakan mempunyai ciri yaitu warnanya hitam, kering dan benih berasal dari tanaman yang tua.

2. Pemilihan lahan

Lahan yang dipilih tidak perlu luas, bahkan tanaman ini dapat tumbuh dalam pot. Untuk langkah awal, sebaiknya benih ditabur diatas pot terlebih dahulu, agar pertumbuhan benih dapat diamati serta tidak berpotensi untuk tersapu saat membersihkan halaman rumah.

3. Pemeliharaan tanaman

Setelah benih ditabur kemudian diamati perkembangannya apakah benih dapat tumbuh dengan baik atau tidak. Saat tumbuh bunga pada kemangi, lebih baik bunga tersebut dipetik saja agar pertumbuhan daun menjadi lebih cepat.
Sekian info mengenai manfaat tanaman kemangi sebagai lalapan serta cara membudidayakannya. Semoga informasi yang singkat ini bermanfaat.

Penulis: Siti Sumiati Solihat
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)