Cash Wakaf Link Sukuk Sebagai Pembiayaan Pembagunan Pariwisata Negeri di Atas Awan

Cash Wakaf Link Sukuk Sebagai Pembiayaan Pembagunan Pariwisata Negeri di Atas Awan
Negeri di Atas Awan, Kabupaten Lebak (Ist/dok)

Pelitabanten.com – Negeri di atas awan adalah wisata yang baru-baru ini sedang viral yang berletak di kabupaten Lebak ,negeri di atas awan menawarkan Pemandangan berupa pegunungan berselimut lautan awan alias Negeri di Atas Awan. Wisata negeri di atas awan berletak di Gunung Luhur, di Desa Citorek Kidul, Banten. Negeri di Atas Awan Gunung Luhur menjadi daya tarik yang menarik bagi ribuan orang mendatangi wilayah ini. Walaupun sudah menjadi daya Tarik wisata, wisata ini  masih memerlukan banyak pembenahan  dikarenakan wisata ini baru saja di  temukan dan masih dalam tahap pembangunan.

Dikarenakan masih dalam tahap pembangunan bisa dipastikan perlu dana yang cukup banyak untuk membiayai industri pariwisata di Banten agar nantinya sektor pariwisata ini dapat menarik para wisatawan lebih banyak lagi, maka dari berangkat dari statement di atas penulis menawarkan  salah satu instrumen yang sekarang sedang dicanangkan oleh BWI dan kemenkeu dapat diterapkan untuk membiayai  pariwisata negeri di atas awan ini  yaitu cash waqf link sukuk, cash waqf link sukuk secara sederhana adalah  wakaf uang yang dibelikan sukuk yang hasilnya nanti di berikan kepada para penerima manfaat.

Berikut adalah sinergisitas antara cash wakaf link sukuk dengan pariwisata negeri di atas awan ini, pertama sukuk di terbitkan oleh menteri keuangan untuk membiayai pembangunan pariwisata, setelah terkumpul dana dari hasil sukuk tersebut barulah digunakan untuk pembangunan pariwisata, dan hasil dari sukuk tersebut akan digunakan untuk membiayai sekolah-sekolah dan jembatan yang masih rusak di kabupaten lebak utamanya.

Ekonomi Lebak sendiri masih didominasi oleh sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan (BPS, 2019) sehingga sektor wisata merupakan lahan basah yang akan memberikan keuntungan maksimal yang pada akhirnya akan digunakan untuk kemaslahatan bersama. Belum lagi pemasukan yang akan diraih dari wisatawan asing ataupun luar daerah yang akan menambah surplus perdagangan wilayah lebak. Perkembangan sektor pariwisata juga akan mempercepat roda perputaran ekonomi yang memberikan dampak baik bagi kesejahteraan warga lebak disamping memberikan kepuasan lebih bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Konsep wakaf link sukuk ini juga akan membantu proses redistribusi kekayaan di provinsi banten yang mengalami kesenjangan ekonomi antara banten utara dan banten selatan (termasuk lebak)

Potensi Wakaf Uang Untuk Kesejahteraan Masyarakat BantenPenulis: Asep Maulana
(Alumni SMAI Nurul Fikri Boarding School Serang, Mahasiswa Univesitas Airlangga)