Tanaman Bintaro Dianggap Berbahaya Namun Memiliki Banyak Manfaat

Tanaman Bintaro Dianggap Berbahaya Namun Memiliki Banyak Manfaat
Tanaman Bintaro. (Ist/dok)

Pelitabanten.com – Di sekitar kita banyak tanaman yang terlihat biasa saja atau dianggap berbahaya jika dikonsumi atau di mainkan oleh teman-teman dianggap tidak memiliki manfaat yang berarti dalam kehidupan, namun setelah dilakukan penelitian ternyata tanaman binataro tersebut mengandung manfaat yang cukup membantu untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah Tanaman Bintaro.

Tanaman Bintaro merupakan salah satu tanaman yang sering ditemui di sekitaran kita, baik di wilayah pesisir, tengah kota, di wilayah perumahan ataupun di pedesaan. Akan tetapi pada dasarnya tanaman ini paling banyak tumbuh di daerah pesisir pantai. Tanaman yang bernama latin _bla bla bla_ ini sering dianggap sepele kebanyakan orang ditambah tanaman ini memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh manusia ataupun hewan.

Menurut Tomlinson (1986) bahwa hampir seluruh bagian tanaman bintaro mengandung sebuah racun yang bernama “cerberrin” yaitu racun yang dapat membuat saluran ion kalsium manusia terhambat, sehingga dapat mengganggu detak jantung bahkan dapat menyebabkan kematian. Akan tetapi siapa sangka ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat yang dapat kita gunakan.

Beberapa manfaat di antara nya adalah:

  1. Sebagai Tanaman Penghijau dan Penghias Kota

Pohon Bintaro dapat digunakan sebagai tanaman Penghijau dan Penghias kota karena pohon ini dapat tumbuh sampai 12 meter. Dengan pohon yang begitu tinggi dan cukup rimbun sehingga sangat cocok dijadikan tanaman Penghijau dan Penghias kota yang terkesan gersang dan penuh polusi.

  1. Sebagai Biopestisida Pengusir Hama Tikus

Buah bintaro tidak selalu negatif, ternyata dalam buah bintaro terdapat kandungan racun yang dapat digunakan untuk mengusir hama tikus. Kandungan kimia yang terdapat dalam ekstrak bintaro mampu memberikan efek biopestisida terhadap mortalitas tikus. Senyawa kimia yang terdapat di dalam ekstrak bintaro mengandung senyawa-senyawa yang mempunyai efek penghambat perkembangan hama tikus yaitu Cerberrin yang bersifat racun kuat (Kartimi, 2015).

  1. Sebagai Bahan Bakar Nabati dan Bahan Baku Pembuat Lilin

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Faperta IPB, biji bintaro memiliki kandungan minyak yang tinggi yaitu sekitar 35-50%. Biji buah bintaro dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk dipergunakan sebagai pengganti minyak tanah, atau solar. Selain itu, biji Bintaro dapat digunakan sebagai bahan baku membuat lilin.

  1. Sebagai Racun untuk Memburu

Pada suku dayak dan beberapa suku daerah lainnya, racun pada buah atau batang atau daun buah bintaro digunakan untuk berburu hewan. Getah pada buah bintaro di letakkan di ujung anak panah.

  1. Penyusun Hutan Mangrove

Tanaman Bintaro memang tergolong tanaman yang paling sering ditemukan di kawasan pesisir pantai. Hal ini sangat berguna untuk kawasan sekitar,  karena pohon buah bintaro berguna untuk menahan arus laut yang besar.

Nah, itulah beberapa manfaat tanaman Bintaro. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua yang membaca.

Muhammad Farhan KurniaPenulis: Muhammad Farhan Kurnia
(Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)