Khasiat Di Balik Gerakan Sujud Secara Ilmiah

Khasiat Di Balik Gerakan Sujud Secara Ilmiah
Ilustrasi. (Ist/dok)
Anggun Bagaskoro Malinto style=

Pelitabanten.com – Sujud merupakan salah satu gerakan sholat yang dilakukan setelah ruku dimana kita menempelkan jidat dan hidung kita ke lantai.

Sebelum kita mengetahui apa sajakah khasiat sujud secara ilmiah itu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui proses gerakan ketika sujud. pertama, merendahkan tubuh dan melekukkan badan dan lutut kita. Kedua, meletakkan tangan di atas lantai. Ketiga, lutut, menyusul kelantai dengan jari jari terlekuk sambil telapak kaki berdiri tegak. Kempat, mennempelkan wajah kita ke lantai yang diiringi jidat dan hidung kita.

Secara ilmiah gerakan sujud ini dapat melahirkan berbagai macam khasiat yang tidak di sangka-sangka, khasiat tersebut diantaranya:

  1. Menghindarkan kita dari serangan jantung

Apakah kalian tau gerakan sujud dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung? Yaa karena pada saat kita melakukan sujud, dimana posisi jantung lebih tinggi dari pada otak sehingga darah akan mudah mengalir  ke otak kemudian, berkumpul diotak, dan mengalirkan kebutuhan oksigen untuk otak, bahkan otak membutuhkan 20% oksigen dari seluruh oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut dapat melancarkan peredaran darah kita sehingga jika peredaran kita lancar maka kemungkinan kita terkena serangan jantung itu lebih kecil dibandingkan denan orang yang perederan darahnya terhambat.

  1. Menguatkan otot-otot

Menurut dr. Hembing pada saat melakukan gerakan sujud otot-otot kita akan menjadi lebih besar dan kuat, karena semua otot kita berkontraksi saat melakukan gerakan sujud berlangsung dan juga dapat membuat urat urat darah seperti pembuluh nadi (arteri), pembuluh darah balik (vena) dan urat-urat getah bening (limfe) akan terpijat secara mandiri sehingga peredaran darah limfe kita menjadi lancar.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Jangan remehkan gerakan sujud karena semakin lama kita melakukan gerakan ini maka semakin mudah darah mengalir ke otak, dan tentunya oksigen akan tercukupi untuk kebutuhan jantung dan otak, sehingga sel sel otak dapat berfungsi dengan baik dan dengan sel otak berfungsi dengan baik maka otak akan lebih mudah untuk bekerja ( termasuk berfikir).

  1. Mencegah dari Penyakit Wasir

Khasiat selanjutnya dari gerakaan sujud yaitu dapat mencegah penyakit wasir, dimana sistem pencernaan kita akan berjalan dengan baik karena pada saat posisi sujud, usus kita seperti dipijit dan dengan adanya pijatan itu maka dapat melancarkan kita saat buang air besar.

  1. Dapat Menghilangkan Stress

Mengalirnya darah dari jantung ke otak pada saat posisi sujud berlansung dapat memunculkan sensasi ketenangan dimana ketenangan yang muncul ini dapat menghilangkan stress.

Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika kita melakukan gerakan sujud dengan tidak terburu-buru karena selain ibadah kita yang insya Allah diterima oleh Allah SWT, ternyata banyak sekali khasiat yang bisa kita dapat dari gerakan  sujud ini menurut hasil penelitian ilmiah.

Wilda SyafiraPenulis: Wilda Syafira
(Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)