Belajar dari Covid-19 yang Menuai Hikmah

Belajar dari Covid-19 yang Menuai Hikmah

Pelitabanten.com – Seperti yang kita tahu saat ini, bahwa Covid-19 telah menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk juga Indonesia, dengan jumlah kasus yang terus bertambah setiap harinya, baik yang positif, sembuh dan meninggal dunia.

Infeksi Covid-19 atau Corona Virus Diesease 19 pertama kali ditemukan pada akhir Desember di kota Wuhan, China. Covid-19 ini termasuk jenis virus yang dapat menginfeksi sistem pernafasan, dari infeksi pernafasan ringan seperti flu hingga ke infeksi pernafasan berat seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Penyebaran virus ini sangatlah cepat sehingga banyak memakan korban. Gejala penyakit dari Corona Virus ini diantaranya demam (presentase terbesar), batuk kering, sesak nafas, nyeri otot/persendian, sakit leher, sakit kepala, mual, muntah, hidung tersumbat, dan diare.

Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa penyebaran virus ini menjadi pandemi dunia saat ini. Sehingga pemerintah Indonesia menghimbau masyarakat untuk menerapkan physical distancing sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Selain itu, banyak upaya lain nya yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, diantaranya selalu mecuci tangan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, berdiam diri dirumah ketika sakit, dan jika tidak ada keperluan diluar rumah, menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, selalu membersihkan permukaan benda yang sering digunakan.

Akibatnya pandemi ini banyak memberikan dampak bagi kita semua seperti pada kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Baik dampak negatif ataupun dampak positif (hikmah). Sebagai manusia yang selalu berinteraksi dengan tuhan, alangkah baiknya kita selalu mesnyukuri apa yang telah diberikan kepada hambanya, salah satu nya yaitu musibah akibat pademi Covid-19 ini.

Banyak sekali hikmah di balik musibah akibat pandemi ini, sebelum kita mengetahui hikmah nya, kita perlu tahu apa saja dampak negatif akibat Covid-19, diantaranya sebagai berikut:

1. Covid-19 memberikan dampak negatif pada kesehatan, kesehatan masyaratkat semakin menurun dan banyak memakan korban akibat hal ini.
2. Covid-19 memberikan dampak negatif pada pendidikan, dengan adanya pandemi Covid-19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini bertujuan sebagai upaya yang diterapkan kepada masyarakat untuk menyelesaikan segala pekerjaan dari rumah, termasuk pendidikan, yang dimana pendidik dan pembelajar harus melakukan sistem pembelajaran jarak jauh. a

Akibatnya hal ini membuat pembelajar semakin tertekan yang mungkin disebabkan dengan pemberian tugas yang diberikan berbeda dengan tugas saat kuliah tatap muka, mungkin juga disebabkan karena kondisi rumah masing-masing pembelajar maupun pendidik yang kurang memadai akan hal akses internet.

3. Selain itu juga Covid-19 memberikan dampak negatif pada perekonomian, hampir diseluruh dunia mengalami krisis perekonomian. Hal ini disebabkan karena adanya kebijakan pemerintah yang menerapkan lockdown, atau anjuran untuk tidak keluar rumah, maka banyak orang mengakses pekerjaan ataupun pendidikan nya melalui teknologi, dengan adanya kebijakan tersebut juga, negara tidak mempunyai pendapatan seperti pendapatan pariwisata ataupun perhotelan, sehingga menyebabkan krisis perekonomian.

Setelah kita mengetahui beberapa dampak negatif dari wabah corona ini, kita sebagai manusia yang selalu mensyukuri dari setiap apa yang diberikan oleh sang pencipta, kita bisa menuai hikmah dari setiap kejadian, salah satunya hikmah dari Covid-19 ini. Hikmah yang bisa diambil dari pandemi Covid-19 ini adalah sebagai berikut:

1. Dengan adanya Covid-19 ini mengingatkan kita, bahwa kita hanyalah manusia lemah dan tidak ada yang perlu di sombongkan, karena hanya Tuhan lah yang Maha kuat, Maha segalanya.

2. Dengan adanya Covid-19 ini juga membuat kita untuk tidak egois dalam menerapkan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah, seperti lockdown, dimana kita semua harus berada di dalam rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

3. Selain itu juga mengingatkan kita untuk bermuhasabah diri, intropeksi diri atau tidak menyalahkan orang lain yang terkena wabah corona ini, dengan adanya hal ini membuat kita saling sadar untuk saling menguatkan satu sama lain.

4. Dengan adanya Covid-19 ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kebersihan dan juga kesehatan.

5. Dengan adanya Covid-19 ini membuat kita untuk lebih rajin ibadah lagi dirumah dan mengartikan kita untuk mendatangkan rasa takut kepada sang pencipta, takut berbuat maksiat, takut berbuat dosa serta memberi waktu untuk beraktivitas lebih banyak lagi bersama keluarga .

6. Dengan adanya Covid-19 membuat pembelajar untuk mengingat bahwa tugas yang diberikan oleh pendidik yang bisa dikatakan membuat tertekan, itu semata hanyalah untuk membuat pembelajar agar terlatih dalam mengerjakan sesuatu, dan mampu bersaing di jenjang selanjutnya .

7. Selain itu juga dengan adanya Covid-19 memberikan pengetahuan dan penguasaan lebih bagi masyarakat ataupun pendidik dan pembelajar yang menerapkan Work From Home (WFH) tentang teknologi untuk menunjang pekerjaan atau pembelajaran secara online.

Itulah berbagai dampak dan hikmah dari pandemi Covid-19 ini, semoga hikmahnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga pandemi ini segara berakhir serta dengan adanya musibah pandemi ini kita diberi kesabaran, juga lebih kritis dalam berfikir dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Dewi SariPenulis: Dewi Sari
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)