Pastikan Terapkan Protokol Covid-19, Komisi IV DPRD Banten Sidak Dua Pabrik di Jayanti

Pastikan Terapkan Protokol Covid-19, Komisi IV DPRD Banten Sidak Dua Pabrik di Jayanti
Kunjungan Komisi IV DPRD Provinsi Banten di PT New Hope Indonesia. Jum'at (8/5). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Komisi IV DPRD Provinsi Banten, mengunjungi dua pabrik diwilayah Kecamatan Jayanti, Jumat (8/5/2020).

Inspeksi Mendadak (Sidak) tersebut dilakukan guna memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya ditengah Pembatasan Berskala Besar (PSBB) tahap II di Kabupaten Tangerang, Banten.

Sekertaris Komisi IV DPRD Provinsi Banten, M. Nur Kholis mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan kegiatan resmi Komisi IV DPRD Provinsi Banten, untuk memastikan seluruh perusahaan berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019.

“Kunjungan kerja kali ini, kita (DPRD) ke perusahaan untuk memastikan bahwa mereka menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, jadi kita akan pastikan bahwa perusahaan yang memasukan karyawannya harus benar-benar aman,” ujar Kholis usai melakukan kunjungan di PT New Hope Indonesia.

Ia mengaku, tidak mau kecolongan seperti yang terjadi di PT Sampurna Surabaya dan PT Pemi di Balaraja, dimana ratusan karyawannya reaktif terpapar virus corona ini.

Pastikan Terapkan Protokol Covid-19, Komisi IV DPRD Banten Sidak Pabrik. Foto Pelitabanten.com (Ist)

“Kita tidak ingin terjadi lagi diperusahan-perusahaan lain, makanya kita mengecek ke perusahaan- perusahaan bahwa mereka benar-benar mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19,”ungkapnya.

Mendekati lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020 ini, tambah Kholis, pihaknya juga ingin memastikan bahwa hak- hak para pekerja dilaksanakan dan dipenuhi oleh perusahaan.

“Kunjungan hari ini, kami juga ingin memastikan bahwa gaji karyawan akan terpenuhi secara full dan juga mereka akan mendapatkan THR secara full tidak ada pemotongan,” tegasnya.

Dari hasil pantauan, kata Kholis, PT New Hope Indonesia yang bergerak di bidang pakan ternak dan mempekerjakan dikitnya 300 karyawan itu, telah menerapkan protokol kesehatan cukup baik.

“Saya kira sudah cukup baik, tadi kita lihat ketika masuk di cek suhu, kemudian ada bilik disinfektan dan ada tempat cuci tangan, juga diwajibkan memakai masker, saya pikir itu penting diterapkan apalagi perusahan yang hari ini kita tinjau itu bergerak dibidang pangan,” paparnya.

Sementara, Legal Officer PT New Hope Indonesia, Bimbing menjelaskan, perusahaannya sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah.

“Dari laporan izin operasional itu kan ada beberapa point – point yang perlu disampaikan, dan semua sudah ada, termasuk dengan memberikan vitamin untuk menjaga kesehatan karyawan, memberikan masker dan segala macemnya itu kita sudah profit semua,”ujarnya.

Untuk mengatisipasi dan mencegah penyebaran virus corona, kata Bimbing, perusahaan melakukan sterilisasi bagi siapa saja yang berkunjung, termasuk menyiapkan jalur khusus bagi para pengemudi.

“Kita membuat jalur sendiri untuk supirnya ini, jadi sebelum mereka masuk rest area disterilkan dulu di pos depan dengan disinfektan, diberikan masker, lalu cek suhu, dan setelah sampai parkir mobil, mereka harus melewati jalan yang sudah disediakan khusus,”terangnya.

Ia juga memastikan, ditengah pandemi virus corona seperti ini, tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan.

“Untuk sekarang ini tidak ada PHK mau merumahkan karyawan, justru dengan kondisi seperti ini, sebaiknya kita mencari solusi dan melakukan antisipasi penyebaran virus corona dengan menerapkan perotokol kesehatan agar semuanya bisa sehat,” pungkasnya.

Diketahui, sebelum melakukan kunjungan di PT New Hope Indonesia yang bergerak di bidang pakan ternak, rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Banten ini, juga melakukan kunjungan di PT Susanti Megah perusahaan yang mengelola garam.