Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar-Pasar Tangerang

Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar-Pasar Tangerang
Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pasar di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk menangkal penyebaran Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019, terlebih di saat pelaksanaan PSBB tahap 2 hingga 15 Mei 2020.

Melalui, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperas dan UKM (Disperindagkopukm) Kota Tangerang, dengan terjun langsung ke pasar-pasar mensosialisasikan pencegahan Covid-19 pada para pedagang dan juga pembeli.

“Dari awal Covid-19 merebak, kita secara rutin melakukan kunjungan ke pasar yang menjadi binaan kita, kita bagi-bagikan masker dan sarung tangan plastik kepada pedagang sekalian mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Kepala Dinas Indagkop UKM, Teddy Bayu Putra, Selasa (5/5/2020).

Physical Distancing di Pasar-Pasar Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Dijelaskannya, sebanyak 80 petugas Dinas Indagkopukm disebar ke pasar-pasar, Toko/Warung dan PKL di 13 Kecamatan 104 Kelurahan.

Selain membagi-bagikan masker kepada para pedagang, pihaknya memasang spanduk Himbauan Lawan Covid 19 di pasar-pasar dan pusat keramaian/perdagangan, termasuk juga membagikan selebaran kepada para pedagang dan pengunjung untuk memakai masker dan menerapkan physical distancing selama belanja di pasar.

“Setiap lapak pedagang/PKL, toko/warung juga kita berikan tanda antrian dengan cat, sehingga pembeli tetap bisa jaga jarak. Antar lapak pedagang/toko/warung juga kita atur agar tidak terlalu berdekatan,” paparnya.

Selain itu, tambah Teddy, petugas juga memasang tirai plastik di lapak-lapak pedagang untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Kita sudah mulai pasang tirai plastik di lapak-lapak pedagang, biar penjual dan pembeli juga sama-sama terlindungi,” tukasnya.